Tim Polmed Gelar Pelatihan EO Untuk Karang Taruna di Sergai

Tim Polmed Gelar Pelatihan EO Untuk Karang Taruna di Sergai

mediasumutku.com|MEDAN-Sebagai salah satu bentuk pelaksanaan tri dharma perguruan tinggi, maka Dosen Politeknik Negeri Medan melakukan kegiatan pengabdian masyarakat desa binaan di Desa Penggalangan Kecamatan Sei Bamban Kabupaten Serdang Bedagai pada Sabtu (19/12/2020) lalu.

Tim yang dipimpin oleh Indra Siregar beranggotakan empat orang diantaranya, Rahmat W.Sembiring, Ermyna Seri dan Muhammad Zuardi. Mereka melakukan kegiatan pengabdian masyarakat dalam bentuk pelatihan Event Organizer bagi Karang Taruna di Desa Penggalangan.

Desa Penggalangan sendiri merupakan salah satu Desa Binaan unit P3M ( Penelitian dan Pengabdian Masyarakat) Politeknik Negeri Medan. Lokasi desa ini strategis karena sangat dekat dengan gerbang tol Sei Rampah yang menghubungkan Medan menuju Tebing Tinggi dan akan berlanjut ke Parapat dan Indrapura.

Menurut Indra Siregar, hal yang bisa dikembangkan dari desa ini adalah sektor wisata, dalam bentuk wisata kreatif berbasis outdoor. Turis-turis yang melintas dalam perjalanan menuju Parapat bisa diarahkan untuk berwisata ke desa terlebih dahulu, berupa wisata pedesaan yang masih asri.

“Karenanya dalam pengabdian masyarakat kali ini tim memberikan pelatihan bagaimana pengelolaan event organizer dilakukan agar kegiatan wisata yang akan dilakukan di desa ini dapat dikelola dengan baik,” ucapnya, kemarin.

Adapun materi pelatihan yang diberikan sebut Indra, berupa pembentukan dan pengelolaan event organizer, online marketing, manajemen pengelolaan wisata, serta hospitalit.

“Pelatihan ini diikuti dengan sangat antusias oleh peserta dari Karang Taruna. Hal itu bisa dilihat dari banyaknya pertanyaan-pertanyaan seputar event organizer dan pengelolaan pariwisata,” sebutnya.

Lurah Desa Penggalangan, Hasan Basri, menyambut baik kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan tim Polmed. Dia berharap, agar kegiatan tersebut dapat dilanjutkan pada waktu-waktu mendatang sebagai upaya meningkatkan perekonomian masyarakat di Desa Penggalangan. (MS7)