Harga Kebutuhan Pokok di Pasar Tradisional Di Sergai Masih Relatif Stabil

Harga Kebutuhan Pokok di Pasar Tradisional Di Sergai Masih Relatif Stabil

mediasumutku.com|SERGAI- Jelang Natal dan Tahun Baru 2021, harga kebutuhan bahan pokok di pasar tradisional di Serdang Bedagai masih relatif stabil. Hal itu berdasarkan survei yang dilakukan Wakil Bupati Serdang Bedagai (Sergai), Darma Wijaya ke pasar tradisional Kecamatan Sei Rampah dan Tanjung Beringin, Rabu (23/12/2020).
Wakil Bupati Sergai, Darma Wijaya menyampaikan,hasil survey pasar tradisional hari ini merupakan bentuk kepedulian pemerintah kabupaten Serdang Bedagai dalam upaya untuk menstabilkan harga bahan pangan dimana saat ini merupakan momen menjelang perayaan Natal dan tahun Baru 2021.
“Jelang Natal dan Tahun Baru 2021 ketersediaan bahan pangan terbilang cukup dan harga juga stabil, sehingga masyarakat tidak perlu merasa khawatir akan kecukupan bahan pangan dan kenaikan harga di pasar,” katanya.
Adapun bahan sembako yang masih relatif stabil yakni, seperti harga beras medium Rp. 11.000 perkilogram, gula putih Rp. 12.000 perkilogram, tepung terigu Rp. 7.500 perkilogram, minyak goreng curah Rp.11.500 perkilogram. Kemudian, daging sapi di kisaran Rp. 115.000-120.000 perkilogram, daging kambing Rp. 70.000-Rp.85.000 perkilogram, bawang merah dan bawang putih harganya sama Rp. 28.000 perkilogram.
Sementara untuk beberapa bahan kebutuhan pokok yang mengalami kenaikan di antaranya, daging ayam ras perkilogram menjadi Rp. 29.000, telur ayam rata-rata Rp 1.600 perbutir, cabai merah Rp. 55.000 perkilogram dan cabai rawit Rp60.000 perkilogram.
Menurut pedagang, kata Darma Wijaya, kenaikan harga sejumlah produk pangan tersebut disebabkan cuaca ekstrim akhir-akhir ini, sehingga mengakibatkan biaya operasional yang lebih besar.
Untuk itu, Darma Wijaya kepada Disperindagsar dan beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lainnya meminta, supaya terus memantau kondisi pasar yang ada di daerah terutama menjelang Natal dan Tahun Baru, sehingga bahan pangan tetap tersedia dengan harga relatif stabil.
Dalam kunjungannya, Wabup Sergai juga tak lupa menginggatkan tentang kebersihan dan tetap mematuhi protokol kesehatan di masa pandemi Covid-19 terutama kepada para pedangang pasar Tradisional
“Saat ini pandemi covid-19 belum berakhir, untuk itu kita selalu menjaga kebersihan di areal dagang masing masing agar pasar ini tetap terjaga kebersih. Maka, kita jangan lupa melaksanakan protokol kesehatan dengan menerapkan 3 M yakni, mencuci tangan, memakai masker dan menjaga jarak,”pungkasnya. (MS6)