Refleksi Akhir Tahun, Wong Chun Sen Kritisi Masalah Kesehatan dan Kemiskinan

Refleksi Akhir Tahun, Wong Chun Sen Kritisi Masalah Kesehatan dan Kemiskinan

mediasumutku.com | MEDAN-Wabah pandemi Corona Virus Disease (Covid-19) telah membawa dampak yang sangat luar biasa terhadap berbagai sendi kehidupan. Terutama terhadap sektor perekonomian masyarakat di Kota Medan.

Hal tersebut disampaikan Anggota DPRD Medan dari Fraksi PDI Perjuangan Drs. Wong Chun Sen, M.PdB, di Medan, Kamis (24/12/2020) saat menyampaikan refleksinya tentang banyak hal yang berkaitan dengan masyarakat dan Pemko Medan.

“Sepanjang tahun 2020, ada beberapa hal yang menjadi perhatian khusus kita terutama saat kita melaksanakan sosialisasi dan reses ke Dapil masing-masing,” kata Wong Chun Sen yang akrab disapa Tarigan.

Pandemi Covid-19, kata Wakil Ketua KNPI Sumut ini membawa dampak yang sangat luar biasa terhadap sendi kehidupan masyarakat. Beberapa perusahaan melakukan perampingan, usaha mikro kecil dan menengah banyak yang gulung tikar karena tak ada pembeli dan modal untuk membeli bahan baku tak mencukupi.

“Dengan adanya bantuan dan perhatian dari pemerintah, masyarakat banyak yang terbantu. Terutama masyarakat yang benar-benar sangat membutuhkan bantuan,” tandasnya.

Dari hasil sosialisasi dan reses yang dilakukan khusus di Dapil 3 (Medan Timur, Medan Perjuangan dan Medan Tembung), lanjut Wong Chun Sen. Banyak terjadi perubahan namun banyak juga yang perlu dibenahi, khususnya masalah kesehatan dan kemiskinan.

“Persoalan lain yang juga mengemuka di masyarakat adalah masih kurang seriusnya Pemko Medan dalam memberikan pelayanan administrasi kependudukan yang menjadi pintu gerbang mendapatkan layanan kesehatan dan mendapatkan bantuan dari pemerintah,” papar Tarigan yang juga Ketua Gemabudhi Sumut ini.

Masih sulitnya masyarakat dalam mendapatkan pelayanan administrasi kependudukan, kata Wong Chun Sen mengakibatkan masyarakat banyak yang mengeluh karena tidak bisa terlayani dalam mengurus BPJS Kesehatan atau program bantuan lainnya.

“Persoalan kesehatan dan kemiskinan perlu mendapat perhatian serius dari pemerintah. Masyarakat juga harus sadar dengan kesehatannya, dengan tidak membuang sampah sembarangan, mematuhi aturan protokol kesehatan yang disosialisasikan secara berkesinambungan terutama di masa pandemi Covid-19 ini,” katanya.

Sepanjang tahun 2020, tambahnya persoalan-persoalan yang disampaikan kepada wakil rakyat akan disampaikan dalam sidang paripurna. Harapan kita memasuki tahun 2021, semua elemen benar-benar mematuhi protokol kesehatan agar pandemi Covid-19 ini segera berlalu dan aktivitas perekonomian serta aktivitas lainnya bisa kembali berjalan normal.