Ini Dia Manfaat Ginseng Untuk Tubuh Kita

Ini Dia Manfaat Ginseng Untuk Tubuh Kita

mediasumutku.com | Ginseng dikenal menjadi salah satu tanaman herbal yang banyak dimanfaatkan, Tanaman ini dipercaya selama berabad-abad sebagai tanaman yang mengandung khasiat yang bermanfaat antara lain seperti meningkatkan kekebalan tubuh, menambah stamina, serta memperbaiki konsentrasi saat belajar.

Meski berbagai jenis ginseng memiliki khasiat yang berbeda-beda, namun secara umum ginseng memiliki suatu senyawa aktif yang diduga berperan penting dalam khasiat tumbuhan ini. Senyawa aktif tersebut adalah ginsenosides.

Manfaat ginseng bagi kesehatan bisa didapatkan dengan mengonsumsinya secara teratur. Terlalu banyak mengonsumsi ginseng malah mengakibatkan terjadinya berbagai efek samping bagi tubuh seperti sakit perut, sakit kepala, gangguan tidur, dan reaksi alergi.

Berikut manfaat serta khasiat dari ginseng:

1. Meningkatkan Kemampuan Berpikir

Penelitian yang dilakukan di Cina menemukan fakta bahwa salah satu manfaat ginseng adalah bisa memacu kemampuan berpikir manusia sekaligus membuat fungsi kognitifnya menjadi lebih baik dan aktif. Manfaat ginseng ternyata bisa didapatkan untuk peningkatan kognitif, perilaku, serta kualitas hidup.

Bahkan kandungan antioksidan dalam ginseng dapat membantu melawan radikal bebas yang dapat merusak sel di otak. Oleh karena itu, manfaat ginseng lainnya adalah dapat mencegah Alzheimer, demensia dan gangguan kognitif lainnya.

2. Menurunkan Kadar Gula Darah

Ginseng dapat membantu mengontrol gula darah baik pada penderita diabetes maupun bukan. Kemampuan ginseng terbukti dapat memperbaiki fungsi sel pankreas, meningkatkan produksi insulin dan meningkatkan penyerapan gula darah pada jaringan.

Fermentasi ginseng merah yang terbentuk dengan bantuan bakteri hidup yang mengubah ginsenosides menjadi bentuk yang lebih mudah diserap dan ampuh bahkan dapat bekerja lebih efektif dalam membantu mengontrol gula darah.

3. Meningkatkan Stamina

Ginseng dapat menekan kerusakan oksidatif dan meningkatkan produksi energi pada sel. Hal tersebut bermanfaat untuk melawan rasa lelah baik secara fisik maupun mental, menjaga stamina, dan meningkatkan aktivitas fisik.

4. Menjaga Kesehatan Hati

Daun ginseng memiliki kandungan saponin. Kandungan ini adalah salah satu senyawa penting untuk menjaga kesehatan organ hati. Khasiat daun ginseng dapat membantu menetralkan berbagai jenis racun di dalam tubuh, sehingga regenerasi sel hati pun meningkat dan dapat terhindar dari kerusakan organ hati.

5. Meredakan Stres

Manfaat ginseng untuk kesehatan dapat memengaruhi sistem saraf tubuh dalam berbagai cara, seperti merangsang metabolisme dan meningkatkan tingkat energi.

Hal tersebut mungkin terjadi berkat peran senyawa adaptogen dalam ginseng.Adaptogen dalam ginseng dapat mengganggu kadar hormon yang dihasilkan tubuh saat stres.

Akibatnya, manfaat ginseng bisa menurunkan kadar hormon stres dalam tubuh dan membantu menciptakan suasana hati yang lebih baik.

6. Mengurangi Peradangan

Salah satu manfaat ginseng untuk kesehatan tubuh adalah membantu mengurangi peradangan.

Hal ini berkat kandungan antiradang yang terdapat pada senyawa ginsenosida dalam ginseng.

Berdasarkan hasil studi yang dipublikasikan oleh Journal of Translational Medicine, senyawa tersebut memiliki efek positif dalam meningkatkan kekebalan tubuh sehingga mengurangi peradangan.

7. Melawan Sel-Sel Kanker

Manfaat ginseng berikutnya adalah membantu mengurangi risiko munculnya berbagai jenis penyakit kanker.Ginsenosida yang terkandung di dalam ginseng memiliki khasiat untuk mengurangi peradangan dan antioksidan yang melawan radikal bebas dalam tubuh.

Ginsenosida pada ginseng juga bermanfaat dalam mencegah pertumbuhan sel-sel kanker. Sebuah hasil penelitian menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi ginseng mengalami penurunan risiko kanker sebanyak 16 persen.

Berbagai jenis penyakit kanker yang dimaksud, antara lain kanker mulut, kanker esofagus, kanker perut, kanker usus besar, kanker hati, dan kanker paru-paru.

(MS9/Siberindo)