Arus Mudik di Pelabuhan Sibolga Diperkirakan Menurun

Arus Mudik di Pelabuhan Sibolga Diperkirakan Menurun

mediasumutku.com | SIBOLGA – Arus penumpang kapal laut menjelang tahun baru 2021 di Pelabuhan Kota Sibolga diperkirakan mengalami penurunan hingga 20 persen dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Pada tahun 2019, peningkatan penumpang masa liburan natal dan tahun baru (Nataru) mencapai 100 persen dari hari normal.

“Untuk tahun 2020 dimasa pandemi covid-19 saat ini diperkirakan mengalami penurunan mencapai 25 persen hingga 20 persen,” ungkap Pelaksana Tugas Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Sibolga, Purwadi Herianto saat dikonfirmasi di ruang kerjanya, Rabu (30/12/2020).

Dari dua pelabuhan penyeberangan laut yang ada di Sibolga, kata dia, umumnya sejumlah operator kapal angkutan melayani penumpang tujuan Kepulauan Nias.

“Jumlah penumpang di tahun 2020 ini dibandingkan dengan tahun 2019 kelihatanya memang sangat mengalami penurunan,”ujar Purwadi

Untuk mengatasi arus balik, pihaknya juga telah meminta bantuan kapal milik PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) guna mengatasi arus mudik dan balik Nataru.

“Dari pihak Pelni sudah membantu kegiatan angkutan penumpang tujuan Nias pada tanggal 23 Desember lalu, ada sekitar 900 orang yang terangkut. Untuk lanjutannya akan membantu arus balik tujuan Sibolga pada tanggal 4 Januari 2021 yang akan datang,” ungkapnya.

Di sisi lain, pihaknya juga mengatasi penyebaran covid-19 dengan mendirikan posko pengamanan dan pengawasan protokol kesehatan di areal Pelabuhan Sibolga.

“Kami (KSOP) dibantu unsur satuan Gugus Tugas Covid-19, memperketat pengawasan dan rutin melakukan sosialisasi 3M (Memamakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak) kepada calon penumpang,” jelasnya. (MS10)