Masa Pandemi Covid 19, Kenderaan Yang Lewat Tol Meningkat 82,29 Persen

Masa Pandemi Covid 19, Kenderaan Yang Lewat Tol Meningkat 82,29 Persen

mediasumutku.com| MEDAN- Meskipun masih dalam suasana pandemi Covid 19, kendaraan yang masuk ke Gerbang Tol Tebingtinggi ruas tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi (MKTT) pada H+2 arus balik atau Minggu (3/1/2021) diperkirakan akan terjadi lonjakan yang cukup siginifikan yakni, mencapai 17.500 kendaraan.

Jumlah ini meningkat 82,29% dari lalu lintas harian normal sebanyak 9.600 kendaraan. Selain itu, Gerbang Tol Amplas ruas tol Belawan-Medan-Tanjung Morawa (Belmera), gerbang tol yang menjadi akses keluar masuk kendaraan dari dan menuju kota Medan dan sekitarnya, akan terjadi lonjakan kendaraan sebanyak 22.200 kendaraan atau meningkat sebesar 29,82 persen dibanding lalu lintas harian normal sebanyak 17.100 kendaraan.

Begitu pula volume lalu lintas yang melintasi dari ruas tol Belmera atau MKTT menuju ke ruas tol Medan-Binjai diperkirakan juga akan mengalami peningkatan sebesar 20 persen dari 5.125 kendaraan menjadi 6.150 kendaraan.

Untuk mengantisipasi adanya lonjakan arus balik liburan Nataru, Kepala Satgas Jasa Marga Siaga Wilayah-3 Operasional Nataru 2020, M Tsani Yusron Pribadi menjelaskan, pihaknya telah melakukan persiapan-persiapan.

Diantaranya, penambahan petugas operasional di gerbang dan memaksimalkan operasional gardu di seluruh gerbang, termasuk siaga 24 jam petugas operasional untuk antisipasi arus balik.

Kemudian, penggunaan mobile reader (alat jemput transaksi) jika terjadi antrian panjang. Lalu, menempatan petugas di lokasi rawan kepadatan.

“Selanjutnya, mengoptimalkan papan informasi lalu lintas digital atau VMS untuk informasi situasi lalu lintas secara real time termasuk 1 unit VMS mobile yang ditempatkan di armada customer service mobile,” sebut Tsani.

Kemudian lanjut Tsani, pihaknya juga bekerjasama dengan patroli PJR dan juga Ditlantas Polres disekitar jalan tol untuk kesiapan rekayasa lalu lintas bila terjadi kepadatan yang berdampak pengalihan arus lalu lintas.

“Kami menghimbau kepada pengguna jalan untuk menghindari waktu puncak arus balik yg diprediksi pada hari minggu tanggal 3 januari 2021 yang peak hour terjadi antara pukul 16.00 WIB s/d pukul 21.00 Wib, dan pastikan saldo e-toll cukup agar tidak mengakibatkan antrian di gerbang keluar,” harap Tsani Yusron.

Tsani menambahkan, agar pengguna jalan selalu mematuhi arahan atau himbauan petugas di lapangan baik di gerbang, di rest area.

“Khusus kepada pengunjung rest area di Km 65 A dan B yang akan beristirahat selalu patuhi protokol Kesehatan. Jika membutuhkan bantuan silahkan menghubungi call center di 14080, petugas kami siap membantu 24 jam sehari dan 7 hari seminggu,” tutup Tsani Yusron.(MS11)