Tinjau Proyek Normalisasi Sungai, Zahir Terjun ke Gorong-gorong

Tinjau Proyek Normalisasi Sungai, Zahir Terjun ke Gorong-gorong

mediasumutku.com | BATUBARA – Bupati Batubara, Zahir bersama dinas terkait meninjau langsung pekerjaan normalisasi sungai serba jadi yang berada di desa Mekar Mulyo, kecamatan Sei Balai, Kamis (7/1/2021).

Peninjauan dilakukan dengan tujuan perbaikan bendungan di pintu air sungai serba jadi. Dalam normalisasi tersebut, pemerintah Kabupaten Batubara melalui dinas PUPR (Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat) menurunkan alat berat berupa satu unit ekskavator amphibi untuk menormalisasi sungai dan memperbaiki tanggul yang pecah.

Zahir mengatakan, akibat pintu air sungai serba jadi telah rusak berdampak pada pembagian air ke sawah-sawah tidak bisa mengalir untuk musim tanam di tahun ini. Ternyata pintu dam/pintu air ini sudah ada sejak 30 tahun lalu dan memang sudah harus diperbaiki.

“Oleh sebab itu, Pemkab Batubara memperbaiki ini, karena ini memang kebutuhan para petani. Agar para petani bisa kembali bercocok tanam. Karena padi merupakan salah satu komoditas utama Kabupaten Batubara,” kata Zahir yang dalam peninjauan tersebut hingga masuk ke dalam gorong-gorong untuk melihat kondisi perbaikan drainase.

Ekskavator amphibi diturunkan untuk pengerukan tanah akibat pendangkalan sungai. Dan penebangan pohon sawit yang tumbuh di sepanjang pinggir sungai. (MS10)