Program Strategis Nasional Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Jadi Prioritas

Program Strategis Nasional Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Jadi Prioritas

mediasumutku.com| TEBINGTINGGI-Musyawarah Perencanaan Pembangunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (Musrenbang RKPD) tahun 2022 Kota Tebingtinggi memprioritaskan program strategi nasional penanganan Covid-19 dan pemulihan ekonomi.

Acara yang digelar di Balai Kartini Baru Kota Tebingtinggi, Selasa (23/3/2021) dihadiri Walikota Tebingtinggi, Umar Zunaidi Hasibuan, Kepala Biro Sosial dan Kesra Setdaprov Sumatera Utara mewakili Gubernur Sumatera Utara, Rita Tavip Megawati, Ketua DPRD Basyaruddin Nasution, Kajari Tebingtinggi Mustaqpirin, Kapolres Tebingtinggi AKBP. Agus Sugiyarso, Kasdim Kodim DS Mayor Inf. Toto Riyanto mewakili Dandim DS 0204, kepala OPD, Camat dan Lurah serta tokoh masyarakat dan agama.
Dalam sambutannya Walikota Tebingtinggi, Umar Zunaidi Hasibuan, mengatakan, musrenbang kali ini adalah Musrenbang tahun terakhir dari pada RPJM kota Tebingtinggi tahun 2017-2022.

“Di tiga tahun terakhir, dimulai tahun 2020 dan bahkan sampai tahun 2022, ada satu kejadian luar biasa, yang mana terjadi musibah bencana non alam yaitu, Pandemi Covid-19. Akibatnya, banyak terjadi pergeseran-pergeseran biaya yang kita fokuskan untuk mencapai target, bergeser menanggulangi daripada Pandemi Covid-19,” ucapnya.

Kedua lanjutnya, dengan adanya pandemi Covid-19, postur APBD Tebingtinggi mengalami perubahan signifikan.

“Kalau dulu APBD Tebingtinggi 84 persen dari pusat, 16 persen dari PAD kita, sekarang transfer pusat tinggal 80 persen bukan kerena kuat PAD kita tapi karena digunakan anggarannya untuk penanganan Covid-19,” sebutnya.
Oleh karena itu katanya, di 2022 harus menyiapkan dan mengantisipasi tentang tetap berlakunya masalah pandemi covid yang perlu kita amati kita cermati, yang perlu kita siapkan.

“Masalah kesehatan masyarakat dapat segera kita jaga,” ujarnya.
Dia menambahkan, tahun 2024 semua program strategi nasional akan selesai. Terkait hal itu Walikota memastikan bahwa usulan program pengendalian sungai sudah diusulkan agar menjadi program nasional.
Dalam rangka pemulihan ekonomi, Walikota menjelaskan, upaya-upaya dalam rangka membangkitkan ekonomi terus digalakkan terkhusus UMKM Kota Tebingtinggi melalui upaya digitalisasi.

Sementara itu, Ketua DPRD Basyaruddin Nasution, berharap, Musrenbang ini menjadi suatu dasar untuk melaksanakan pembangunan di tahun 2022 nanti.

“Mungkin tahun 2022, Walikota akan berakhir masa jabatan, tapi hati, perhatian dan pikiran beliau tidak akan berakhir untuk kota Tebingtinggi, tetap memberi perhatian kepada kota yang kita cintai,” ujarnya.

Sementara dalam sambutannya, Kepala Biro Sosial dan Kesra Setdaprov Sumatera Utara mewakili Gubernur Sumatera Utara Rita Tavip Megawati, mengatakan, perumusan Musrenbang ini memiliki makna sangat penting dan strategis. Sehingga, tercapainya kesepakatan terhadap rancangan RKPD tahun 2022 yang telah disusun.
“Pertama, merupakan penajaman dari visi dan misi. Kedua, secara formal menjadi landasan penyusunan APBD oleh Kepala Daerah dan disepakati bersama dengan DPRD. Ketiga, secara operasional memuat anggaran. Untuk meningkatkan kinerja pelayanan masyarakat dalam melaksnakan tugas dan fungsi, yang akan ditetapkan kepala daerah masing- masing. Keempat, secara faktual menjadi instrumen untuk mengukur capaian kinerja penyelenggaraan pemerintah daerah,” imbuhnya. (MS6)