Fintech Talk Bagikan Tips Pentingnya Keamanan Siber Bagi Percepatan Inovasi

Fintech Talk Bagikan Tips Pentingnya Keamanan Siber Bagi Percepatan Inovasi

mediasumutku.com| MEDAN- Financial Technology (Fintech) yang dihadirkan AFTECH (Asosiasi Fintech Indonesia) membagikan tips tentang pentingnya keamanan siber bagi percepatan inovasi bertema “Rolling in the Deep: The Role of Cyber security in Accelerating the Adoption of Innovation in Digital Financial Services Ecosystem.

Keamanan siber sangat penting, mengingat pandemi Covid-19 telah meningkatkan tren digitalisasi di berbagai sektor perekonomian, termasuk dalam kegiatan operasional perusahaan-perusahaan fintech di Indonesia.

Sejauh ini, beberapa hal yang lazim dilakukan oleh perusahaan untuk menjaga keamanan sibernya adalah meningkatkan tata kelola teknologi informasi, mempercepat pertumbuhan aset teknologi informasi untuk mendukung pengambilan keputusan yang tepat dan menunjang kelancaran kegiatan operasional perusahaan serta meningkatkan jumlah tenaga kerja di bidang keamanan teknologi informasi.

“Manfaat diskusi ini yakni, pertama, memetakan tantangan yang perusahaan penyedia layanan jasa keuangan digital, termasuk fintech di dalamnya. Kedua, memetakan potensi kolaborasi antarpemain di dalam ekosistem layanan keuangan digital untuk memperkuat keamanan siber,” kata Sati Rasuanto, Ketua Eksekutif Digital ID dan Data Privacy AFTECH & Chief Executive Officer VIDA, Kamis (25/3/2021).

Menurut Sati, kecenderungan pola kerja secara virtual telah menempatkan teknologi pada posisi yang sangat penting. Dengan adanya teknologi, komunikasi antardivisi dalam sebuah perusahaan dapat tetap terjalin sehingga roda perekonomian terus berputar.

Namun, bak dua sisi koin, kemudahan yang teknologi bawa juga mengandung risiko serangan siber yang erat kaitannya dengan perlindungan atau kerahasiaan data dan privasi.

Untuk itulah, ia mengimbau, para pemain di ekosistem layanan keuangan untuk berkolaborasi dalam menciptakan jagad siber yang aman.

“Dengan berkolaborasi, pengetahuan kita akan semakin bertambah, terutama soal standar internasional terkait keamanan siber yang menjadi acuan dunia kita hari ini,” tambahnya.(MS11)