Kadin Medan Diajak Berperan Mendorong Pemulihan Ekonomi

Kadin Medan Diajak Berperan Mendorong Pemulihan Ekonomi

mediasumutku.com|MEDAN-Sebagai wadah para pengusaha Indonesia untuk menciptakan dan mengembangkan iklim dunia usaha, Pemerintah Kota Medan mengajak Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Medan untuk dapat berperan aktif dalam mendorong pemulihan ekonomi Kota Medan di masa Pendemi Covid-19.

Demikian hal ini disampaikan Walikota Medan Muhammad Bobby Afif Nasution melalui Sekda Medan, Wiriya Alrahman pada pelantikan dan pengukuhan kepengurusan Kadin Medan masa bakti 2020- 2025 di Hotel Garuda Plaza, Sabtu (27/3/2021).

Hadir dalam pelantikan, Deputi Kantor Sekretariat Wakil Presiden RI, Suprayoga Hadi, Kepala Balai BPPT RI, Fadilah Hasim, Unsur Forkopimda Kota Medan, Kadis Perindag Sumut, Riadil Akhir Lubis, Ketua KADIN Sumut, Ivan Iskandar Batubara, Ketua KADIN Medan Arman Chandra, dan para Pengusaha.

Dikatakan Wiriya, tantangan terbesar di masa awal kepengurusan Kadin yang baru dikukuhkan ini adalah bagaimana membangkitkan lagi ekonomi kota ini agar pembangunan bisa terus berlanjut meskipun Pandemi Covid-19 belum juga surut. Sebab, dalam upaya membangun sebuah daerah kita tidak bisa hanya mengandalkan peran pemerintah semata. Untuk itu harus ada kerjasama dan kolaborasi dengan seluruh unsur termasuk Kadin Medan.

“Atas nama Pemko Medan saya berharap Kadin dapat berperan aktif dalam upaya perbaikan iklim dunia usaha di masa Pandemi Covid-19. Salah satunya bisa ditempuh melalui kolaborasi bersama berbagai sektor untuk mendukung kebangkitan UMKM sebagai tulang punggung pembangunan nasional,” kata Wiriya.

Menurutnya, Kota Medan memiliki potensi yang sangat besar untuk bisa dikelola secara maksimal. Apalagi, jumlah pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Kota Medan cukup banyak dan beragam produk yang dihasilkan. Artinya, yang mereka butuhkan saat ini hanyalah lebih banyak kepedulian dari Pemerintah, Akademisi dan Pengusaha sehingga mereka bisa dibina untuk mengeluarkan potensi terbaik yang dimilikinya.

“Jika UMKM bisa dibina dengan baik melalui pemanfaatan teknologi, Inovasi, kreasi dan investasi maka mereka akan bisa menjadi salah satu sumber penyumbang peningkatan perekonomian daerah. Artinya, jika ini bisa kita lakukan bersama maka bangsa Indonesia nanti akan mampu menjadi bangsa produsen pasca Pandemi ini usai,” jelas Wiriya.

Ketua Kadin Medan, Arman Chandra mengatakan, visi misi kedepan dirinya ingin menjadikan Kadin sebagai Lembaga terdepan dan Mitra Strategis Pemerintah Kota dan dunia usaha dalam Pembangunan dan Pertumbuhan Ekonomi. Artinya, dibawah Kepemimpinan Wali Kota Medan Muhammad Bobby Afif Nasution, Kadin Medan akan menjalin kerjasama dan berkolaborasi dalam menumbuhkan perekonomian.

“Kadin Medan berkomitmen akan menjalin sinergitas dan berkolaborasi dengan Pemko Medan untuk menumbuhkan perekonomian di kota Medan di masa Pandemi Covid-19. Kolaborasi yang dapat dilakukan saat ini adalah dengan mendukung Program utama Pemko Medan saat ini”, jelasnya.

Arman Chandra juga bertekad ingin menjadikan Kadin sebagai organisasi dunia usaha yang memiliki SDM berkualitas, melaksanakan kebijakan dan program Kadin serta memberikan layanan kepada dunia usaha di seluruh tingkatan organisasi di Kota Medan.

“Sebagai ujung tombak layanan melalui Asosiasi/ Himpunan sesuai aspirasi dan kepentingan anggota/masyarakat dunia usaha dalam pembangunan ekonomi nasional dan daerah, meningkatkan kinerja organisasi Kadin di Kota Medan, sehingga mampu bertindak sebagai pelaksana kebijakan yang inovatif dan profesional serta memiliki kompetensi dan dedikasi yang tinggi”, ujarnya. (ms7)