FKIP UNA Gandeng Disdik Asahan Latih Guru SD

FKIP UNA Gandeng Disdik Asahan Latih Guru SD

mediasumutku.com | ASAHAN – Pelatihan bagi guru merupakan upaya untuk mengembangkan pengetahuan dan keterampilan para guru, sehingga para guru dapat memperoleh keunggulan yang kompetitif dalam proses belajar mengajar.

Untuk itu, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Asahan (FKIP UNA) bersama Dinas Pendidikan Kabupaten Asahan memberikan Bimbingan Teknis (Bimtek) tentang perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran kepada 117 guru Sekolah Dasar (SD) se-Kecamatan Kisaran Timur di Aula FKIP UNA yang dilaksanakan mulai Sabtu (27/3) kemarin.

Dekan FKIP UNA Dr. Elly Ezir, mengungkapkan, pelatihan ini diselenggarakan untuk meningkatkan kompetensi guru SD, dengan dasar tenaga pendidik harus bisa terus beradaptasi dan berkembang pesat.

“Oleh sebab itu, melalui bimtek ini diharapkan kepada peserta agar kegiatan ini diikuti dengan secara seksama, sangat pasti informasi-informasi yang terkini selalu tetap di sektor pendidikan yang banyak relevansinya, “kata Elly Ezir kepada wartawan, Senin (29/3/2021).

Elly menambahkan, kegiatan ini merupakan realisasi dari MoU antara UNA dengan Pemkab Asahan yang ditindaklanjuti dengan MoA FKIP UNA dengan Dinas Pendidikan Kab. Asahan dalam menunjang Tri Dharma Perguruan Tinggi di bidang pendidikan.

Sebelumnya, Rektor UNA Prof. Dr. Tri Harsono, melalui Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Ansoruddin Harahap, berharap kegiatan ini dapat membawa dampak yang positif bagi dunia pendidikan khususnya di Kabupaten Asahan.

Ketua Pengurus Yayasan UNA Drs. Mapilindo, M.Pd mengapresiasi atas terselenggaranya bimtek untuk guru SD ini.

“kita berharap kegiatan ini membawa dampak yang baik untuk UNA dan peserta. Dan, yang paling penting adalah membawa dampak yang positif bagi dunia pendidikan khususnya di Kabupaten Asahan,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Asahan Drs. Sofian, saat membuka pelatihan mengatakan, bimtek ini merupakan inisiasi dari FKIP UNA sebagai implementasi antara MoU Pemkab Asahan dengan UNA, yang dilanjutkan dengan MoA Dinas Pendidikan Kabupaten Asahan dan FKIP UNA pada waktu yang lalu.

“Dengan kegiatan ini secara bertahap ini, peningkatan kompetensi guru akan semakin meningkat yang akhirnya dalam proses pembelajaran ini akan semakin baik serta diperoleh hasil yang akan semakin meningkat. Saya berpesan, agar peserta untuk melakukan evaluasi terhadap peserta didik. Dimana yang daya serapnya rendah untuk dapat digerakkan agar mendapat hasil yang mendekati sama,”imbuhnya. (MS10)