Tokoh Muda Tionghoa di Asahan Jalani Vaksin Tahap Pertama

Tokoh Muda Tionghoa di Asahan Jalani Vaksin Tahap Pertama

mediasumutku.com | ASAHAN – Warga etnis Tionghoa di Kota Kisaran, Kabupaten Asahan mulai menjalani vaksinasi Covid-19 untuk mengantisipasi penularan virus Corona, di Puskesmas Sidodadi Kecamatan Kisaran Barat, Asahan, Senin (30/3/2021).

Salah seorang tokoh pemuda Tionghoa, Tan Tien Min (Bustami) yang juga merupakan Sekretaris Perhimpunan Indonesia Tionghoa (INTI) Asahan menjadi orang pertama dari golongan etnisnya yang divaksin.

“Setelah diberikan vaksin, tidak ada reaksi sama sekali di badan saya. Bahkan, secara psikis saya merasa lebih baik usai menjalani vaksin,” kata Bustami sembari berharap vaksinasi ini bisa dilakukan kepada semua orang serta golongan.

Meski telah menjalani vaksin tahap pertama, Bustami berpesan dan mengingatkan, untuk tetap menjaga dan menerapkan protokol kesehatan seperti, memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan dengan sabun.

“Jangan karena sudah divaksin kita merasa kebal virus. Harus jaga kesehatan dan terapkan protokol,” katanya sembari menjelaskan vaksinasi tahap kedua akan berlangsung 14 hari kemudian.

Sementara itu, Kepala Puskesmas Sidodadi, Ratna Juwita Manurung SKM MKM mengatakan, vaksinasi dilaksanakan untuk melengkapi upaya pencegahan Covid-19, seperti memakai masker, mencuci tangan, juga menjaga jarak dan menghindari kerumunan.

Selain itu, lanjutnya, vaksinasi merupakan prosedur pemberian suatu antigen penyakit, biasanya berupa virus atau bakteri yang dilemahkan atau sudah mati, bisa juga hanya bagian dari virus atau bakteri.

“Tujuannya adalah untuk membuat sistem kekebalan tubuh mengenali dan mampu melawan saat terkena penyakit tersebut,” terang Ratna. (MS10)