Lima Rumah Hangus Terbakar Di Taput

Lima Rumah Hangus Terbakar Di Taput

mediasumutku.com | TAPANULIUTARA-Kebakaran terjadi dalam waktu hampir bersamaan di dua kecamatan di Tapanuli Utara yakni, kecamatan Tarutung dan Siatas Barita, Kabupaten Tapanuli Utara. Meski tidak ada korban jiwa, namun lima rumah semi permanen milik warga, hangus terbakar.

Kasubbag Humas Polres Taput, Aiptu Walpon Barimbing, kepada sejumlah wartawan, Minggu (4/4/2021) menjelaskan, kebakaran pertama yang menghanguskan dua rumah di Kecamatan Siatas Barita, pada Sabtu (3/4/2021) malam sekira pukul 22.00 WIB. Pemilik rumah masing-masing atas nama, Daspor Sitompul (80) dan Jappi Sitompul (65), warga Jalan Marhusa Panggabean, Dusun I, Desa Sitompul, Kecamatan Siatas Barita, Kabupaten Tapanuli Utara.

“Api pertama kali berasal dari rumah Daspor Sitompul, yang pada saat kejadian sedang tidak berada di rumahnya, karena sedang berkunjung ke rumah anaknya,” sebutnya.

Mengetahui adanya kebakaran, warga kemudian berteriak meminta tolong sambil membunyikan lonceng gereja untuk memberitahu kebakaran itu kepada warga lainnya. Satu jam kemudian api baru bisa dipadamkan setelah armada damkar tiba di lokasi.

Peristiwa kebakaran kedua, menghanguskan 3 rumah warga di Jalan Op Lalo Lumbantobing, Kelurahan Huta Toruan VII, Kecamatan Tarutung, Kabupaten Tapanuli Utara, Minggu (4/4/2021) dini hari sekira pukul 05.00 Wib.

Pemilik rumah masing-masing atas nama, Hendra Tarihoran (39), Hari Matondang dan Edi Matondang. Keseluruhannya merupakan warga yang sama. Saat kebakaran terjadi warga masih tertidur. Sedangkan api pertama kali muncul dari rumah Hendra Tarihoran.

Saksi mata yang pertama kali melihat api muncul adalah Rosima Boru Sianturi (56), yang pada saat itu, hendak berangkat ke gereja untuk mengikuti ibadah Paskah. Api baru bisa dipadamkan dua jam kemudian setelah pemadam kebakaran tiba di lokasi.

”Dalam kedua peristiwa ini, tidak ada korban jiwa, namun kerugian materiil kita perkirakan Rp 600 juta,” kata Barimbing. (MS10)