Salah Satu Imun Ekonomi Adalah wakaf

Salah Satu Imun Ekonomi Adalah wakaf

mediasumutku.com| MEDAN- Pandemi Covid-19 membuat ekonomi terpuruk. Ibarat tubuh, ekonomi juga harus memiliki “imun” yang kuat agar tetap bisa bertahan di tengah serangan Covid-19. Salah satu imun ekonomi menurut Ustaz Ahmad Faris BQ adalah wakaf.

Ustaz Faris menjelaskan, melalui wakaf, seseorang dapat menolong kesulitan ekonomi yang dialami saudaranya dengan qard al hasan atau memberi pinjaman berbentuk wakaf.

“Walaupun kamu sedang tidur siang, malam, atau tidur antara malam dan siang, maka kebermanfaatan wakaf bekerja terus,” kata Ustaz Faris dalam Kajian Peradaban, Senin (5/4/2021).

Menurut Ustaz Faris, kebaikan akan terus mengalir seiring dengan kebaikan yang dilakukan penerima manfaat dari wakaf yang kita berikan.

“Kita beri bantuan, usahanya berkembang. Lalu, dia berinfak dan bersedekah, kita enggak tahu, namun pahalanya terus mengalir,” kata Ustaz Faris.

Ustaz Faris melanjutkan, Allah meletakkan sedekah sebagai antitesa dari riba, bukan sedekah biasa, tetapi wakaf. Inilah bentuk penguatan imun ekonomi sesama muslim, dikuatkan dengan instrumen wakaf.

“Dimana, kata Nabi, perumpamaan orang mukmin dalam urusan kasih sayang dengan sesama mukmin itu seperti satu tubuh,” ujarnya(MS11)