Warga Diajak Jaga Kondusifitas Melalui Kerukunan Umat Beragama

Warga Diajak Jaga Kondusifitas Melalui Kerukunan Umat Beragama

mediasumutku.com| SERGAI-Kapolres Serdang Bedagai AKBP Robin Simatupang, mengajak kepada seluruh masyarakat untuk menjaga kondusifitas melalui kerukunan umat beragama.

“Menjaga kerukunan umat beragama bisa dilakukan dengan menanamkan jiwa toleransi sesama umat beragama. Dengan semangat kebersamaan dan jiwa toleransi, sehingga kita bisa menjaga kekondusifan di Kabupaten Serdang Bedagai,” kata Kapolres Sergai, AKBP Robin Simatupang pada Dialog Sadar Kerukunan Beragam dan Penguatan Moderasi Beragama Kabupaten Serdang Bedagai, di Wisma Juang, Kelurahan Simpang Tiga Pekan Perbaungan, Kecamatan Perbaungan, Kamis (8/4/2021).

Robin menekankan,dalam kehidupan bergama satu sama lain harus saling menghormati. Dengan saling menghormati, maka bangsa dan rakyat tidak ada masalah dan tanpa ada konflik ditengah masyarakat.
“Dengan terjaganya kerukukan beragama maka akan terwujudnya apa yang menjadi visi dan misi bangsa ini dapat kita raih bersama sama,” ujarnya.
Hadir dalam kegiatan tersebut, Ketua FKUB Provinsi Sumatera Utara, Maratua Simanjuntak, Asisten II Kaharuddin, Kakankemenag Serdang Bedagai Zulkifli Sitorus, Ketua FKUB Sergai M. Irfan Elfuadi Lubis, Ketua MUI Sergai Hasful Huznain, pimpinan OPD Pemkab Sergai, tokoh lintas agama dan para camat.
Pada kesempatan tersebut, Kakankemenag Sergai Zulkifli Sitorus mengatakan, program sadar kerukunan umat beragama merupakan visi Presiden Joko Widodo dan Menteri Agama yang menjadikan kerukunan umat beragama sebagai renstra (rencana strategis) pada 2020-2024.
“Visi Bupati Sergai Maju Terus (Mandiri, Sejahtera dan Religius) juga senada dengan untuk kemajuan Negara dan khsusnya Kabupaten Serdang Bedagai. Kita bersama bertanggung jawab dalam pembangunan Agama agar berjalan dengan baik dan terus menjaga kerukunan umat beragama. Kabupaten Sergai sudah terbina dengan baik kerukanan umat bergama, mari kita kawal dan kita jaga kerukunan umat bergama di Serdang Bedagai,”katanya.
Sementara itu, Asisten II Pemkab Sergai, Kaharuddin mengungkapkan, Indonesia berlandaskan Pancasila, dimana pancasila mengikat masyarakatnya untuk menjaga kebersamaan dengan keberagaman latar belakang, suku, agama dan budaya.
“Untuk itu, kita harapkan para pemimpin kita Forkopimda, Bupati, Kapolres, Dandim dan Para Pemimpin lain saling bersinergi menjaga serdang Bedagai dan Kerukunan bergama tetap terjaga,”ungkap Kaharuddin. (MS6)