Badan Balai Ekspor Kemendag Siap Bantu UMKM Sergai

Badan Balai Ekspor Kemendag Siap Bantu UMKM Sergai

mediasumutku.com|MEDAN-Badan Balai Ekspor Kementrian Dalam Negeri (Kemendag) siap membantu para pelaku Usaha Mikro Kecil Menangah (UMKM) yang ada di Indonesia termasuk di Kabupaten Serdang Bedagai.
Hal itu diungkapkan Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuata saat menghadiri pameran produk-produk UMKM binaan Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Kota Medan di Focal Point Medan, Kamis (8/4/2021).
Wamendag mengatakan, pameran yang berjudul Potensi Produk Eskpor Binaan Hipmi ini sangat bagus untuk terus dikembangkan diberbagai daerah termasuk Serdang Bedagai.
“Kita apresiasi HIPMI, karena kami bisa melihat pameran produk yang berpotensi ekspor. Mudah-mudahan binaan ini bisa dikembangkan dan kami siap mendukung serta berkolaborasi,” ujar Jerry dihadapan Kepala BAPPETI RI Sidharta Utama, Wakil Bupati Serdang Bedagai Adlin Umar Yusri Tambunan, Kadisperindag Serdang Bedagai Karno.
Ia menyampaikan, pihaknya juga mempunyai Badan Balai Ekspor yang siap membantu pelaku UMKM yang ada di daerah khususnya Serdang Bedagai Sumatera Utara. Balai Ekspor ini sudah berpengalaman memberi pendampingan hingga mempersiapkan produk untuk diekspor.
“Kami punya Badan Balai Ekspor. Membatu UMKM mempersiapkan produk yang siap ekspor. Untuk menunjang hal ini, kami juga punya Indonesian Trade Promotion Center (ITPC) di 33 provinsi, sebagai ujung tombak kami,” ujarnya.
Selain itu, Wamendag Jerry juga menyatakan, kemendag akan menjalin kerjasama dengan instansi terkait, sehingga proses pengurusan izin usaha serta pelatihan Packeging UMKM lebih baik.
“Pengurusan izin sudah dilaksanakan secara online dan sudah dipermudah agar pelaku UMKM dapat terus berkembang. Begitu juga kita terus melakukan pendampingan dan pelatihan agar mengemas dan peckeging yang baik dan kita mibta pelaku UMKM terus berinovasi,”tandasnya.
Sementara itu, Wakil Bupati Serdang Begagai, Adlin Umar Yusri Tambunan mengatakan, pihaknya akan menggenjot pelaku UMKM yang ada di Kabupaten Serdang Bedagai.
“Sesuai arahan dari pak Wamen, kita akan genjot pelaku UMKM. Kita sudah mempermudah perizinan dan memberikan pelatihan sehingga peckegingnya menarik jika bisa dipasarkan keluar kota bahkan hingga ekspor ke luar negeri,”jelasnya.
Namun, dia meminta, agar para pelaku usaha juga berinovasi mengemas dan memasarkan produk-produk UMKMnya.
“Saat ini tekhnologi terus berkwmbang, pelaku UMKM kita juga harus dapat memanfaatkan perkembangan tekhnologi itu agar pemasarannya dikenal di luar daerah,”tambahnya.
Sebelumnya Ketua BPC HIPMI Medan, Palaceta S Subianto dalam sambutannya mengatakan, pameran yang berlangsung dua hari ini tidak dipungut biaya, serta diikuti 30 stan pameran.
“Tentu senang, karena petinggi-petinggi itu pasti khawatir keadaan sekarang. Apalagi sedang Covid. Yang penting kita tetap prokes. Sebagai apreasi kami beri bingkisan tadi,” ujarnya. (MS6)