Ramadhan di Masa Pandemi, ACT Dongkrak Aksi Kebaikan

Ramadhan di Masa Pandemi, ACT Dongkrak Aksi Kebaikan

mediasumutku.com|MEDAN- Ramadhan tahun kedua di masa pandemi ini masih merisaukan pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) maupun kalangan buruh.

Untuk itu, Aksi Cepat Tanggap (ACT) tidak menyurutkan ikhtiar bersama dermawan untuk meluaskan manfaat. Justru, momentum kali ini hendaknya mendongkrak aksi-aksi kebaikan dari setiap lapisan masyarakat salah satunya dengan bersedekah.

“Jadikan aksi kita semua tanpa batas dengan menebar kebaikan lewat sedekah setiap hari di bulan Ramadan atau sedekah harian yang bisa dikirimkan ke beragam program kemanusiaan,” kata Kepala Cabang ACT Bekasi Rizky Renanda Aditya, Selasa (13/4/2021).

Ketua Pimpinan Unit Kerja Serikat Pekerja Kimia Energi Pertambangan Serikat Pekerja Seluruh Indonesia Hermawan mengatakan, ia terus memberikan pemahaman menyeluruh kepada anggota organisasi serikat pekerja tersebut untuk bersiap menyambut Ramadan dengan berbagai kegiatan baik. Salah satu yang didorong ialah berbagi.

“Di kondisi yang serba sulit ini, kami berusaha terus melakukan kegiatan sosial dengan berbagi. Tak sebatas menjalankan program kerja organisasi, kegiatan berbagi ini juga bertujuan memberikan manfaat yang luas dan meringankan beban masyarakat,” ungkapnya.

Pelaku UMKM, Purwati (penjual kerupuk) mengatakan, hingga masuk era kenormalan baru pun, usahanya tak kunjung memperlihatkan kondisi yang membaik.

“Total ada sekitar 75 sampai 100 warung (yang menjadi tempat menitipkan kerupuk) di RW saya saja. Setiap sore saya keliling ambil hasilnya, biasanya ke 15-20 warung. Kalau bikin kerupuknya mulai dari pagi atau siang. Alhamdulillah, dari titip itu bisa dapat uang sampai 75 ribu (rupiah) sehari kalau ramai, tapi enggak setiap hari ramai juga, ya namanya juga dagang,” ungkapnya. (MS11)