Komitmen Jalankan Tanggung Jawab Sosial, PGN Raih Penghargaan Top CSR Awards 2021

mediasumutku.com| MEDAN- Atas komitmen menjalankan tanggung jawab sosial dan memiliki kepedulian yang tinggi terhadap sosial, ekonomi masyarakat, dan lingkungan, PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) mendapatkan Top CSR Awards 2021 #Star 4 dari Majalah Top Business.

Dengan didapatkannya Top CSR Award 2021 Bintang 4 menunjukkan bahwa sistem, kebijakan, dan pelaksanaan CSR di PGN berada di level “Sangat Baik” dan mendukung strategi bisnis perusahaan. Baik dimasa Pandemi COVID-19 maupun untuk pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan.

Sekretaris Perusahaan PGN Rachmat Hutama menjelaskan, CSR perusahaan yang berada di level bintang 4 terkait dengan keselarasan program CSR dan strategi bisnis perusahaan menggunakan inisiatif CSR yang mengadopsi CVS (Creating Shared Value) dan ISO 26000 SR. Adapun ISO 26000 merupakan panduan tingkat internasional mengenai Tanggung Jawab Sosial perusahaan (CSR).

“Pada kesempatan yang sama, Direktur Utama PGN Suko Hartono ditetapkan sebagai salah satu Top Leader on CSR Commitment 2021,” jelas Rachmat, Jumat (23/4/2021).

Penghargaan yang diberikan kepada Business Leader perusahaan, karena dinilai memiliki komitmen tinggi dalam mendukung kelengkapan tata kelola dan keberhasilan implementasi CSR di perusahaan. Mengingat tata kelola dan keberhasilan CSR perusahaan akan sulit dicapai secara efektif apabila Top Business Leader tidak memiliki komitmen yang tinggi terhadap CSR perusahaan.

“Secara aktif dan berkelanjutan, PGN terus menjalankan program pengembangan masyarakat, melibatkan berbagai unsur masyarakat. Dukungan dari masyarakat khususnya disekitar wilayah operasi PGN menjadi bagian penting bagi kemajuan PGN. Untuk itu, PGN juga berinvestasi melalui program CSR agar kehadiran PGN memberikan manfaat sosial maupun ekonomi bagi masyarakat,” ungkap Rachmat.

Salah satu wujud implementasinya yaitu pembangunan desa-desa di sekitar wilayah operasi untuk menjadi desa yang maju dan mandiri, sehingga dapat menunjang pembangunan berkelanjutan. Desa Binaan PGN antara lain Desa Teluk Terate di Serang, Desa Sriminosari di Lampung, Desa Pagardewa di Muara Enim, dan Kelurahan Tembesi di Batam.

“Program-program yang diselenggarakan di desa binaan bermacam-macam. Di Desa Sriminosari Lampung misalnya, PGN membantu dalam pembentukan BUMDES Tridaya Minosari Prima, fasilitas air isi ulang, microfinance, BUMDESMart, dan pariwisata,” ujar Rachmat.(MS11)