59 Rumah Warga di Sergai Rusak Dihantam Angin Puting Beliung

59 Rumah Warga di Sergai Rusak Dihantam Angin Puting Beliung

mediasumutku.com|SERGAI- Sebanyak 59 unit rumah warga di enam Kecamatan Kabupaten Serdang Bedagai, Sumatera Utara, mengalami kerusakan akibat dihantam angin puting beliung, sekitar pukul 21.00 Win, Jum’at (23/4/2021).
Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut, namun kerusakan sebagian rumah warga mengalami rusak berat, ringan dan sedang dan mayoritas rata -rata atap rumah beterbangan.
Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD)Serdang Bedagai, Hendri Suharto saat ditanyai, Sabtu (24/4/2021) menjelaskan, akibat hujan dengan intensitas tinggi diserai angin kencang pada Jumat malam sekira pukul 21:00WIB.
Akibatnya, puluhan rumah warga terkena bencana alam angin puting beliung sebanyak 59 Unit rumah mengalami rusak berat, sedang dan ringan yang tersebar di enam kecamatan di Kabupaten Serdang Bedagai.

“Adapun 59 unit rumah warga yang dihantam puting beliung terdiri dari, di Kecamatan Perbaungan sebanyak 18 unit rumah, Sei Rampah 5 unit rumah, Teluk Mengkudu 7 unit rumah, Sei Bamban 3 unit rumah, Tanjung Beringin 8 unit rumah dan Pantai Cermin sebanyak 18 unit rumah,” sebut Hendri.
Dalam bencana angin puting beliung ini, lanjut Hendri Suharto. Dinas BPBP, Dinsos, Dinkes dan Satpol PP dan Muspika Kecamatan terkait sudah mendirikan poskoh di masing masing desa dan mendata jenis dan jlah kerusakan.
Selain itu, BPBD juga sudah menyalurkan secara simbolis berupa bantuan sembako, material dan masker kepada korban bencana dan sekaligus mendirikan dapur umum.

Hendri juga mengimbau, kepada masyarakat kondisi muktahir saat ini cuaca hujan ringan dan masih akan berpotensi terjadi angin kencang yang diperkirakan mulai tanggal 24 April 2021 sampai 27 April 2021. (MS6)