Hari Bumi, Kayaker Eksplorasi Toba Tiba di Lembah Bakara

Hari Bumi, Kayaker Eksplorasi Toba Tiba di Lembah Bakara

mediasumutku.com| MEDAN- Mengeksplorasi sambil menikmati keindahan alam Danau Toba dengan cara unik dapat dilakukan melalui sport tourism, salah satunya dengan berkayak.

Semenjak danau Toba terpilih menjadi bagian dari unesco global geopark sejak 2 Juli 2020 di Paris kemarin, Danau Toba menjadi sorotan tingkat dunia. Lentera Pertiwi Sumatera mengumpulkan sejumlah kayaker Sumatera Utara untuk ikut berkontribusi terhadap bumi.

Sebanyak 8 kayaker rela meluangkan waktu selama lima hari empat malam menelusuri tepi Danau Toba sejauh 70 mil yang dimulai dari desa Sigapiton, Kabupaten Toba menuju lembah Bakara, Kabupaten Humbang Hasundutan untuk mengeksplorasi sisi timur hingga selatan Danau Toba.

Sebanyak 3 Kabupaten di lalui, dimulai dari Kabupaten Toba, Kabupaten Tapanuli Utara hingga Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas).

“Di dalam eksplorasi ini, saya menemukan perkampungan kecil yang tidak ada akses darat, dan hanya bisa di lalui akses air untuk menuju kota” ungkap Jimmy Ginting selaku koordinator Kayak Eksplorasi Toba, Jumat (23/4/2021).

Tak hanya itu, penjelajahan ini memanjakan mata saya melihat air terjun yang jatuh langsung kedanau Toba serta melihat batuan Tufa Toba yang unik di sisi tebing Sumatera tambahnya.

Aksi kayaker ini disambut baik oleh masyarakat pelaku pariwisata bakara. Tak tanggung-tanggung, masyarakat Bakara mengawal tim kayaker Eksplorasi Toba ini dari Binanga Rihit (perbatasan Humbang Hasundutan dan Tapanuli Utara) hingga menuju Mess Pemkab di desa Sinambela, Kecamatan Bakti Raja, Kabupaten Humbang Hasundutan yang di kenal dengan nama lembah bakara. (MS11)