BPJS Ketenagakerjaan dan Bupati Sergai Serahkan Beasiswa ke Ahli Waris

BPJS Ketenagakerjaan dan Bupati Sergai Serahkan Beasiswa ke Ahli Waris

mediasumutku.com|SERGAI- Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan bersama Bupati Serdang Bedagai, Darma Wijaya menyerahkan beasiswa pendidikan kepada ahli waris peserta BPJS Ketenagakerjaan di Aula Sultan Serdang, Minggu (2/5/2021).
Beasiswa pendidikan anak diberikan pada ahli waris peserta BPJS Ketenagakerjaan yang mengalami risiko meninggal dunia, dan/atau kecelakaan kerja yang berdampak cacat total tetap atau meninggal dunia.
Penyerahanan simbolis ini diberikan kepada lima pelajar dari jenjang yang berbeda mulai dari SD hingga perguruan tinggi usai apel peringatan Hari Pendidikan Nasional secara virtual. Beasiswa tersebut diberikan kepada ahli waris dari peserta aktif yang sudah meninggal dunia baik itu karena kecelakaan dan kematian.
Bupati Sergai, Darma Wijaya mengapresiasi realisasi manfaat beasiswa pendidikan ini. Menurutnya, program ini sangat membantu anak untuk melanjutkan sekolah di tengah kedukaan akibat kehilangan orangtua.
“Dengan adanya program ini, semoga beban yang selama ini dirasa berat untuk melanjutkan sekolah ketika orangtua meninggal bisa berkurang,” ungkapnya didampingi Wakil Bupati Adlin Tambunan, Sekdakab Faisal Hasrimy, dan Kapolres Sergai AKBP Robin Simatupang.
Kedepan, lanjutnya, Pemkab akan mendorong tenaga pendidik dan masyarakat untuk ikut menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan.
“Programnya jelas. Jadi ketika kita para orangtua bekerja dan meninggal dunia, anak kita bisa melanjutkan sekolah. Saya harap masyarakat dan para guru turut menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan,” lanjutnya.
Sementara itu Fadli Kurniawan selaku Kepala BPJS Ketenagakerjaan Sergai menjelaskan, beasiswa diberikan dari tingkat Taman Kanak-Kanak, SD, SMP, SMA sampai perguruan tinggi.
“Nilai nominalnya TK/SD Rp1,5 juta per tahun, SMP Rp2 juta/tahun, SMA Rp3 juta/tahun dan perguruan tinggi Rp12 juta/tahun. Beasiswa ini diberikan maksimal selama 5 tahun,” paparnya.
Fadli mengatakan, manfaat beasiswa ini diterima dengan masa kepesertaan tiga tahun dan nantinya diserahkan ke ahli waris.
Ia juga berterima kasih kepada Pemkab Serdang Bedagai, karena seluruh tenaga honor termasuk perangkat desa telah didaftarkan sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan.
“Dukungan penuh dari Pemkab Sergai sangat kami butuhkan karena masih ada segmen sekolah yang belum menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan,” ujarnya.
Adapun penerima manfaat beasiswa pendidikan, yakni, Fathan Al Buchori siswa SD Muhammadiyah Desa Pon, anak dari alm Sahrul ( perangkat desa) dan ibu Leni Marlina. Yuspa Rizkina Lubis, siswa MTSN 2 Deli Serdang anak dari alm Parluhutan (Pemilik CV Arif Karya Sejati) dan Yusraini Ammer. Insri Utami siswa SMAN 1 Sei Rampah, anak dari alm Misnan (PT Maju Bersama) dan Nuraini.
Kemudian Zulkifli siswa Madrasah Al-Washliyah 21 Firdaus, anak dari Idris (UD Hadi Kim) dan Masniah. Terakhir, Anggia Jelita Marito Lubis, mahasiswa USU anak daei alm Parluhutan Lubis (Pemilik CV Arif Karya Sejati) dan Yusraini Ammer. (MS6)