KPU Labusel Tetapkan Edimin-Ahmad Padli, Bupati dan Wabup Terpilih

KPU Labusel Tetapkan Edimin-Ahmad Padli, Bupati dan Wabup Terpilih

mediasumutku.com |LABUSEL – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Labuhanbatu Selatan menggelar rapat pleno penetapan pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Labusel terpilih. KPU menetapkan pasangan nomor urut 02, Edimin dan Ahmad Padli Tanjung sebagai Bupati dan Wakil Bupati (Wabup) Labusel terpilih dalam rapat pleno yang digelar di Kotapinang, Sabtu (1/5/2021).

Rapat pleno ini tetap digelar KPU Labusel sesuai dengan tahapan yang sudah diputuskan, meski pasangan nomor urut 03, Hasnah Harahap- Kholil Jufri mengajukan permohonan ke MK pasca pelaksanaan di 16 TPS.

“Rapat pleno sudah kita gelar dan ditetaplan. Salinan keputusannya juga sudah kita serahkan, baik ke para paslon maupun ke DPRD Labusel,” kata ketua KPU Labusel, Efendi Pasaribu.

Seperti diketahui, pada Selasa (27/4/2021) lalu, KPU Labusel telah mengeluarkan keputusan hasil rekapitulasi suara Pilkada 2020. Pasangan Edimin-Ahmad Padli Tanjung, dinyatakan meraih suara terbanyak dengan 65.793 suara.

Efendi mengatakan, rapat pleno tersebut merupakan tahapan yang sudah ditetapkan dalam proses pelaksanaan PSU. Karena itu, pihaknya tidak terpengaruh dengan adanya upaya hukum yang kembali ditempuh salah satu pasangan calon, pasca pelaksanaan PSU 24 April yang lalu.

“Kita berpedoman pada SK tahapan yang sudah ditetapkan. Masalah ada paslon yang kembali mendaftar ke MK, itu sah-sah saja, hak mereka. Namun itu tidak mempengaruhi kita dalam melaksanakan tahapan yang sudah ditetapkan,” katanya.

Keputusan KPU Labusel ini, mendapat dukungan dari Bawaslu Labusel. Ketua Bawaslu Labusel, Ahmad Hajiddin Harahap mengatakan, pihaknya tidak menemukan adanya pelanggaran yang dilakukan KPU terkait penetapan pemenang Pilkada. (MS10)