Dorong Pertumbuhan Ekonomi, Pemerintah Luncurkan Program Hari BBI

Dorong Pertumbuhan Ekonomi, Pemerintah Luncurkan Program Hari BBI

mediasumutku.com| MEDAN- Kementerian Perdagangan mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia melalui upaya peningkatan konsumsi, khususnya penggunaan produk buatan Indonesia. Untuk itu, Pemerintah meluncurkan hari Bangga Buatan Indonesia (BBI) pada 5 Mei 2021 kemarin yang rangkaian kegiatannya akan dimulai pada 5 hingga 13 Mei 2021 mendatang.

Hal ini disampaikan Menteri Perdagangan, Muhammad Lutfi dalam konferensi pers Perkembangan dan Upaya Pemulihan Ekonomi Nasional secara virtual, Kamis (6/5/2021). Turut hadir sebagai narasumber yaitu, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita, dan Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Teten Masduki.

“Program Hari BBI ini merupakan salah satu upaya untuk mendorong konsumsi masyarakat, terutama produk buatan Indonesia. Pada program ini, Pemerintah bekerja sama dengan 72 pelaku usaha lokapasar untuk mengkampanyekan produk unggulan dalam negeri,” ujar Mendag.

Mendag menjelaskan, pada halaman utama loka pasar akan ditampilkan produk-produk Indonesia yang mendapatkan subsidi ongkos kirim.

“Selain itu, akan ditambah juga diskon lain untuk memacu konsumsi dan pertumbuhan ekonomi Indonesia. Pemerintah akan menyebarluaskan informasi ini untuk memastikan masyarakat dapat mengetahui program ini dengan target pembelanjaan masyarakat sebesar USD 11,5 triliun,” ungkapnya.

Mendag menyampaikan, secara keseluruhan konsumsi dengan pertumbuhan impor yang berkualitas dan penyerapan tenaga kerja untuk kegiatan manufaktur mulai menunjukkan perbaikan. Hal ini tercermin dari pembelian dan industri kendaraan bermotor menunjukan perbaikan.

“Progam Pemerintah dalam pemberian kemudahan dan penurunan pajak barang mewah untuk kendaraan bermotor dan properti menunjukan hasil yang menjanjikan. Untuk itu, Pemerintah meyakini pertumbuhan ekonomi di kuartal kedua, dengan dimotori konsumsi akan berjalan dengan baik,” kata Mendag. (MS11)