2.000 Pegawai Inalum Jalani Vaksinasi Covid-19

2.000 Pegawai Inalum Jalani Vaksinasi Covid-19

mediasumutku.com| MEDAN– PT Indonesia Asahan Aluminium (Persero) atau Inalum memulai pelaksanaan vaksinasi Covid-19 secara bertahap kepada sekitar 2.000 pegawai di Pabrik Peleburan Kuala Tanjung dan PLTA Paritohan, Sabtu (8/5/2021).

Direktur Pelaksana INALUM Sophia I. Wattimena mengatakan, sebanyak 305 pegawai telah divaksinasi bekerjasama dengan pemerintah dan Dinas Kesehatan setempat.

“Melalui vaksin ini, diharapkan dapat mencegah penyebaran Covid-19 di kalangan pegawai Inalum sehingga, stabilitas operasional perusahaan dapat terjaga,” katanya yang turut memantau pelaksanaan vaksinasi di Gedung Serbaguna Komplek Perumahan Inalum Tanjung Gading, kemarin.

Lebih lanjut, Sophia juga menyampaikan bahwa sebelumnya Inalum juga telah melaksanakan vaksinasi Covid-19 kepada beberapa pegawai Inalum prioritas khususnya tenaga kesehatan.

“Inalum sebelumnya telah memulai vaksinasi kepada 40 tenaga kesehatan yang bekerja di klinik Inalum dan kepada kurang lebih 100 pegawai prioritas di Medan. Namun, dalam rangka menjaga stabilitas operasional perusahaan, vaksinasi massal ini kemudian dilakukan kepada seluruh pegawai secara bertahap hingga 10 Mei 2021 nanti,” terang Sophia.

Sophia menambahkan, untuk mempercepat kegiatan vaksinasi ini, Inalum juga bekerjasama dengan seluruh stakeholder yang selama ini telah memiliki hubungan baik dengan Inalum.

“Inalum dalam pelaksanaan vaksinasi ini juga bekerjasama dan melibatkan tenaga kesehatan dari berbagai stakeholder, meliputi, Rumah Sakit Murni Teguh dan Rumah Sakit TK II Putri Hijau Kesdam I/BB serta Puskesmas Kecamatan Pintu Pohan,” ujarnya.

Dimas, salah satu pegawai Inalum yang mengikuti vaksinasi tersebut mengapresiasi kepada perusahaan atas terlaksananya program vaksinasi Covid-19.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada Inalum atas program vaksinasi ini, semoga dengan adanya vaksinasi ini kita semua dapat terhindar dari wabah COVID-19,” harap Dimas.

Meskipun dilaksanakan secara massal, vaksinasi Covid-19 di Inalum ini dilaksanakan dengan tetap menjalankan Protokol Kesehatan yang ketat melalui penerapan 5M (Memakai Masker, Menjaga Jarak, Mencuci Tangan, Membatasi Mobilisasi dan Menghindari Kerumunan).

Seperti diketahui, pemerintah telah memerintahkan agar seluruh pihak di tanah air melaksanakan vaksinasi Covid-19 dengan tujuan membentuk Herd Immunity atau kekebalan kelompok. Maka setidaknya harus sebanyak 75 persen penduduk divaksin agar terciptanya kekebalan massal. (MS11)