Ajo Piaman Muhammad Iqbal Direkrut Klub Korsel Cheongju FC

Ajo Piaman Muhammad Iqbal Direkrut Klub Korsel Cheongju FC

mediasumutku.com | PADANG–Pesepakbola Indonesia kembali direkrut klub Korea Selatan. Terbaru, Muhammad Iqbal yang meneken kontrak dengan kesebelasan Negeri Gingseng, Cheongju FC.

Demikian dilansir jaringan Siberindo. Iqbal ini adalah Ajo Piaman (panggilan untuk laki-laki) di daerah Pariaman dan Padang Pariaman.

Akan tetapi, pemain asal Kudu, Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat itu tak bisa langsung bermain untuk Cheongju FC. Eks pemain Timnas Indonesia U-19 tersebut harus menanti jendela transfer paruh musim K League 3 dibuka.

“Di Korea belum terbuka periode pendaftaran pemain, jadi kami berlatih menyesuaikan diri dan menunggu periode kedua,” kata Muhammad Iqbal di akun Instagram resmi Cheongju FC.

Iqbal menyampaikan pesan untuk kedua orang tuanya yang berada di Indonesia. Ia berharap doa dan meminta mereka tidak khawatir karena dalam kondisi yang baik-baik saja.

“Ayah dan ibu, tolong baik-baik di sana, jaga kesehatan. Saya akan sukses di sini. Tolong tunggu saya sebentar lagi. Terima kasih,” ucap pesepakbola berusia 20 tahun tersebut.

Sebelum mendapatkan kontrak, pemain yang akrab disapa Ajo Iqbal itu telah lebih dahulu menjalani tes di Cheongju FC sejak Februari lalu. Ia datang ke klub tersebut bersama pemain Indonesia lainnya, Dallen Doke.

Setelah tim pelatih Cheongju FC mengamati permainan kedua pemain tersebut hanya Iqbal yang diberikan kontrak. Sementara Dallen, dinyatakan tidak lolos.

Iqbal, merupakan pemain kedua tanah air yang dipinang klub Korea Selatan. Sebelumnya, Asnawi Mangkualam, yang direkrut kesebelasan K League 2 Ansan Greeners.

Nama Iqbal mulai dikenal publik ketika memperkuat Timnas Indonesia pada Piala AFF U-18 di Thailand, empat tahun lalu. Ia merupakan pemain hasil blusukan Indra Sjafri, yang waktu itu melatih pasukan Garuda Muda.

Pada Piala AFF U-18, Iqbal mengantarkan Timnas Indonesia meraih peringkat ketiga. Perannya di lini tengah tidak tergantikan karena nyaris selalu dimainkan di setiap laga.

Sayang setahun berselang, Iqbal dicoret dari Timnas Indonesia jelang bergulirnya Piala AFF U-19 di Sidoarjo. Ia mengalami cedera saat latihan internal dilaksanakan.

Semenjak itu, karier Iqbal mulai meredup. Bahkan, ia harus menepi lama dari lapangan hijau karena cedera ACL (Anterior Cruciate Ligament) di lutut kirinya, saat memperkuat klub Liga 2 PSMS Medan.

Sembuh dari cedera, Iqbal mencoba peruntungan ke luar negeri dengan memperkuat klub India, Rajasthan FC pada awal tahun lalu. Akan tetapi, kariernya di kebelasan tersebut tidak berlangsung lama.

Setelah itu, Iqbal menjalani trial dengan klub Turki, Antalyaspor. Namun, akhirnya ia tidak mendapatkan kontrak di klub tersebut.