Edimin-Fadli Ditetapkan Jadi Bupati dan Wabup Terpilih

Edimin-Fadli Ditetapkan Jadi Bupati dan Wabup Terpilih

mediasumutku.com | LABUSEL-Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Labuhan Batu Selatan, (Labusel) menggelar sidang paripurna pengumuman Bupati dan Wakil Bupati Labusel terpilih di gedung DPRD Labusel, Jumat (7/5/2021)

Sidang digelar meski paslon yang kalah pemungutan suara ulang (PSU) mengajukan gugatan ke Mahkaman Konstitusi (MK).

Sidang paripurna digelar di gedung DPRD Labusel, Jumat (7/5/2021) kemarin. Sidang pengumuman Edimin dan Ahmad Padli Tanjung sebagai Bupati dan Wakil Bupati Labusel terpilih ini dipimpin Wakil Ketua DPRD Labusel Zainal Harahap.

Sidang paripurna dihadiri 23 dari 35 orang anggota DPRD Labusel. Sementara itu, 12 orang lainnya memilih tidak hadir, termasuk Ketua DPRD Labusel Edi Parapat.

“Sidang paripurna ini merupakan tindak lanjut dari salinan ketetapan dari KPU Labusel yang telah kita terima sebelumnya. Selanjutnya kita akan mengirim surat pengesahan ke Mendagri melalui Gubernur untuk selanjutnya segera dilantik,” kata Zainal Harahap.

Bupati Labusel terpilih, Edimin, mengatakan, menghormati langkah yang ditempuh rivalnya ke MK. Dia berharap MK menolak gugatan tersebut.

“Kita menghormati keputusan mereka. Namun, kita berharap MK menolaknya. Kemarin kita sudah digugat. Ini digugat lagi. Mudah-mudahan MK menolaknya,” kata Edimin.

Sebelumnya, KPU Labusel menggelar rapat pleno penetapan pasangan Bupati dan Wakil Bupati Labusel terpilih. KPU menetapkan pasangan nomor urut 02, Edimin dan Ahmad Padli Tanjung, sebagai Bupati dan Wakil Bupati Labusel terpilih.

Rapat pleno terbuka penetapan ini digelar KPU di Convention Hall Hotel Grand Suma, Kotapinang, Sabtu (1/5). Rapat pleno ini tetap digelar KPU Labusel sesuai dengan tahapan yang sudah diputuskan, meski pasangan nomor urut 03, Hasnah Harahap-Kholil Jufri mengajukan permohonan ke MK pasca-pemungutan suara ulang (PSU) di 16 TPS.

Seperti diketahui, hasil Pilkada Labusel setelah PSU sesuai nomor urut pasangan calon yakni, Nurdin Siregar-Husni Rizal Siregar mencapai 8.121 suara, Edimin-Ahmad Padli Tanjung sebanyak 65.793 suara, Hasnah Harahap-Kholil Jufri Harahap sebanyak 65.422 suara, Mangayat Jago Ritonga-Jon Abidin Ritonga sebanyak 11.056 suara dan Maslin Pulungan-Fery Andika Dalimunthe mencapai 4.730 suara. (MS10)