Jelang Lebaran, Kanwil DJP Sumut I Gelar BAzoka 2021 bagi UMKM

Jelang Lebaran, Kanwil DJP Sumut I Gelar BAzoka 2021 bagi UMKM

mediasumutku.com| MEDAN-Sebagai tindak lanjut kerjasama Kementerian Keuangan melalui Direktorat Jenderal Pajak (DJP) dan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) dalam kegiatan Beli Kreatif Danau Toba (BKDT), Kanwil DJP Sumatera Utara I menggelar Bazar Online Kreatif Sumatera Utara 2021 (BAZOKA 2021).

Kepala Kanwil DJP Sumatera Utara I Eddi Wahyud mengatakan, kegiatan ini merupakan wujud komitmen DJP khususnya Kanwil DJP Sumatera Utara I dalam mendampingi Usaha Kecil, Mikro, Menengah (UMKM) untuk terus naik kelas. Sekaligus menggalakkan Program Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) yang telah dicanangkan di Danau Toba sejak 21 Februari 2021.

“Melalui program Business Development Services (BDS), DJP memberi pendampingan usaha bagi pelaku UMKM dalam bentuk pengetahuan mengenai pencatatan transaksi (pembukuan), pengembangan bisnis, pemasaran, hingga aspek perpajakan,”katanya, Senin (10/5/2021).

Lima UMKM terpilih untuk dapat dipromosikan produknya secara langsung dalam acara BAZOKA 2021 melalui akun instagram @pajaksumut1 dan youtube Kanwil DJP Sumut I yakni, Keripik Tempe Krimpiz, Biskuit Kopi Mumu Butik Kue, Pempek Nabil, Sirup Kasturi Ratu Kasturi dan aneka kerajinan Etnik dari ulos dari Rumah Nayozie.

Yang tidak kalah menarik dari kegiatan BAZOKA 2021 adalah dengan kehadiran dan dipandu langsung oleh selebgram terkemuka Arif Muhammad alias Mak Beti, serta disiarkan juga melalui akun instagram @arifmuhammaddd_.

Dikatakannya, tetap semangat bangga buatan Indonesia, dan tak lupa mengingatkan #KawanPajak untuk patuh menunaikan kewajiban perpajakannya.

“Program pengembangan UMKM ini akan terus dilanjutkan, harapannya UMKM semakin naik kelas, omset semakin meningkat, ekonomi semakin maju dan penerimaan pajak semakin terhimpun,”katanya.

Meskipun dilaksanakan secara daring, namun antusiasme masyarakat dalam mengikuti bazar sangat tinggi. Salah satu UMKM yang mengikuti acara ini menyampaikan bahwa timnya sampai kewalahan dengan banyaknya pesanan yang masuk. Mereka sangat puas dan bangga dapat mengikuti acara BAZOKA 2021 yang merupakan bagian dari Program BDS Kanwil DJP Sumatera Utara I.
(MS11)