FKK UNPRI Creative Penerima Hibah PHP2D 2021

FKK UNPRI Creative Penerima Hibah PHP2D 2021

MEDAN-Tim mahasiswa Universitas Prima Indonesia Medan (UNPRI) menjadi salah satu yang berhasil lolos dalam Program Holistik Pembinaan dan Pemberdayaan Desa (PHP2D) yang didanai oleh Ristekdikti.

Kegiatan ini berlangsung sejak dinyatakan lolos dan akan berakhir pada bulan November 2021 dipusatkan di Kelurahan Bagan Deli, Kecamatan Medan Belawan, Sumatera Utara. Kegiatan ini didukung oleh Yayasan Perguruan Tinggi Prima Indonesia, Ketua BPH UNPRI Dr Tommy Leonard SH.MKn.

Rektor Unpri Prof.Dr. Chrismis Novalinda Ginting, M.Kes berharap, pelaksanaan program ini dapat berjalan dengan baik dan dapat bermanfaat bagi masyarakat sesuai dengan target yang diharapkan.

Kegiatan ini juga difasilitasi Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan Said Rizal, M.A, Dekan Fakultas Keperawatan dan Kebidanan Tiarnida Nababan, SST., S.Kep., Ns., M.Kep, dan dosen pembimbing; Elis Anggeria, S.Kep., Ns., M.Kep.

Program kegiatan yang dilakukan Tim Fakultas Keperawatan dan Kebidanan (FKK) UNPRI diketuai Brigity Sephanie dan anggotanya Chairunnisa Novinka, Edriyan Syahputra, Ester YR Manalu, Yemima Sahputri Nadeak, Fadhilla Fadsya, Jetni Simanjuntak, Setia Alberkat Zalukhu, Aprianty NU Panjaitan, Diana Safitri, Erika Putri Halawa, Ervin Rudianto Manao, Maryudha Dwi Firmansyah, Mutiara Magpirah.

Adapun kegiatan yang dilakukan yakni, DAGEL (Dapur Bagan Deli) Sebagai kuliner bagi anak gizi buruk dan meningkatkan perekonomian di Kelurahan Bagan Deli, Kecamatan Medan Belawan.

Tim PHP2D UNPRI yang berhasil lolos adalah FKK yang melakukan pembinaan dihadiri Lurah Zul Azhari S.P dan istri Lurah Elfi Juliani, Wakil Ketua PKK Hj Murni Ginting, ibu- ibu PKK, remaja masjid dan seluruh Tim PHP2D.

Masyarakat Kelurahan Bagan Deli merupakan masyarakat yang sangat terampil dalam mengolah sumber daya alam yang ada di wilayah mereka. Keterampilan mengolah mengolah sumber daya alam yang ada, masih terhambat karena kurangnya pengetahuan pengolahan dan pemasaran yang mereka lakukan.

Selain itu, permasalahan ekonomi juga harus diperhatikan. Rendahnya tingkat ekonomi masyarakat berpengaruh pada kesehatan mereka, terutama dalam hal pemenuhan gizi. Dalam kegiatan binaan yang dilakukan pelatihan secara bertahap mulai dari sosialisasi tentang gizi buruk dan gizi kurang agar masyarakat mampu memahami standard kesehatan gizi yang baik pada anak kemudian dilaksanakan pelatihan bakso, pempek dan nugget dengan bahan utama ikan.

“Kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Lurah beserta seluruh staff dan ibu-ibu PKK Kelurahan Bagan Deli yang telah mendukung program ini,” ujar Ketua PHP2D 2021 Brigity Sephanie.

Wakil Ketua PKK, Murni Ginting menambahkan, tim FKK UNPRI juga melakukan pembinaan dan pelatihan mengenai cara memasarkan produk, penjualan produk dengan sistem online agar lebih mudah memasarkan produk.

“Kami dari ibu PKK sangat berterima kasih kepada adik-adik kami sekalian yang telah memberikan pelatihan dan tatacara membuat bakso, pempek, dan nungget. Semoga apa yang disampaikan adik-adik kita ini, dapat bermanfaat untuk kita dan bisa untuk wirausaha kita masing-masing,” ujarnya.

Kata dia, Tim FKK UNPRI Medan secara berkala akan terus melakukan monitoring keberlanjutan program agar program yang dilakukan dapat berjalan dengan baik secara kontinu dan memberi manfaat yang nyata terhadap seluruh masyarakat. Tim FKK UNPRI Medan juga akan melakukan terus evaluasi agar dapat meningkatkan program lebih baik lagi. (MS7)