Lionel Messi Bersiap Raih Trofi Super Ballon D’or ? Apa Itu Super Ballon D’or?

Olahraga52 Dilihat

Setelah berhasil mempersembahkan trofi Piala Dunia 2022 kepada negara kelahirannya Argentina, Lionel Messi diperkirakan akan menerima penghargaan sepak bola super langka, yaitu Super Ballon d’Or.

Super Ballon d’Or bukanlah trofi sembarangan. Penghargaan ini disebut sangat langka karena sepanjang sejarah sepak bola baru ada satu orang yang memenanginya, yaitu Legenda Real Madrid Alfredo Di Stefano.

Pada 1989, Di Stefano berhasil meraih penghargaan Super Ballon d’Or setelah unggul hasil voting di atas Johan Cruyff dan Michel Platini.

Pemain kelahiran Argentina tersebut memang terkenal sebagai pemain yang subur. Melalui 308 gol dari 396 pertandingan, Di Stefano membantu Real Madrid memenangi European Cup atau sekarang disebut Liga Champions secara beruntun dari 1956 hingga 1960.

Melihat hal tersebut, La Pulga pun semakin disebut sangat layak untuk menerima penghargaan langka dari France Football Magazine itu, terlebih dengan sederet trofi dan rekor yang telah ia catatkan.

PERBEDAAN BALLON D’OR DAN SUPER BALLON D’OR

Dikutip melalui The Sports Grail, Super Ballon d’Or disebut sebagai penghargaan yang super langka dan jarang terjadi karena setelah diberikan kepada Di Stefano, France Football Magazine tidak pernah menganugerahinya kembali kepada pemain sepakbola manapun termasuk Messi ataupun Cristiano Ronaldo.

Super Ballon d’Or adalah penghargaan yang diberikan kepada pesepakbola terbaik selama tiga dekade terakhir. Secara level, trofi Super Ballon d’Or memang terlihat lebih mewah bila dibandingkan dengan Ballon d’Or.

Trofi yang mungkin akan dianugerahkan untuk yang kedua kalinya sepanjang sejarah ini berupa bola emas ini dikelilingi lapisan permata rubi dan sejumlah miniatur bola emas kecil di alasnya. Ukurannya pun lebih besar daripada trofi Ballon d’Or.

Ballon d’Or pertama kali digagas oleh penulis olahraga, Gabriel Hanot dan Jacques Ferran dan mulai dianugerahkan sejak 1956. Awalnya, penghargaan tersebut hanya diberikan kepada pesepak bola Eropa dan dikenal sebagai penghargaan “European Footballer of the Year Award”.

Namun, sejak tahun 1995, Ballon d’Or. diperluas untuk semua pemain dari negara asal manapun yang pernah aktif di klub-klub Eropa.

Ballon d’Or pun tak luput dari rekor Leo Messi. Tercatat, salah satu pemain Paris Saint-Germain dan legenda hidup FC Barcelona ini menjadi pemain terbanyak yang telah menyabet trofi Ballon d’Or, yaitu tujuh kali.

Berkaitan dengan prestasi tersebut pula, FIFA secara terbuka mengumumkan bahwa perdebatan GOAT atau _Greatest Of All Time_ telah berakhir dengan Messi sebagai penyandang gelarnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *