Mantap Duel Innova Zenix Hybrid vs Wuling Almaz Hybrid, siapa yang lebih laku?

Teknologi46 Dilihat

Cakra Berita , Jakarta -Dua mobil berteknologi hybrid meramaikan pasar otomotif Indonesia jelang akhir tahun 2022. Innova Zenix Hybrid dan Wuling Almaz Hybrid diluncurkan berdampingan. Innova Zenix Hybrid memiliki lebih banyak varian dibanding Almaz Hybrid. Di antara keduanya, siapa yang menjual lebih banyak?

Wuling Almaz Hybrid hanya memiliki satu varian, sedangkan Innova Zenix Hybrid menawarkan lima varian. Lalu mana yang lebih laris?

Mengutip data distribusi grosir Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), selama 12 bulan pada 2022 penjualan Innova Zenix hybrid bakal lebih banyak. Dalam kurun waktu dua bulan, sebanyak 2.519 unit Innova Zenix hybrid didistribusikan dari pabrik ke diler. Sedangkan Almaz Hybrid hanya didistribusikan sebanyak 337 unit.

Dari segi harga, Almaz Hybrid sedikit berbeda dengan varian terendah Innova Zenix Hybrid. Almaz Hybrid dibanderol Rp 472 juta. Sedangkan Innova Zenix Hybrid termurah harganya Rp 458 juta hingga termahal Rp 611 juta.

Innova Zenix Hybrid dan Almaz Hybrid masing-masing memiliki keunggulan dan keunikan tersendiri. Misalnya, Innova Zenix Hybrid mengusung platform Toyota New Architecture (TNGA) GA-C yang hadir dengan berbagai fitur dan teknologi unggulan. Misalnya MID 7 inci dengan setir mewah, konektivitas Bluetooth, Wi-Fi, pengenalan suara, NFC, dan layar tambahan di baris kedua untuk varian teratas.

Selain itu, ada Electric Parking Brake + Brake Hold (EPB + BH), tombol Start Stop + Smart Entry. Untuk Type Q HV terdapat wireless charger, 4 slot USB C, dan Digital Auto AC with Dual Zone.

Sedangkan untuk trim tertinggi, Q HV, terdapat captain seat, power reclining ottoman, power tailgate dengan perintah suara untuk membuka bagasi, panoramic head-up display, dan DVR yang berfungsi sebagai kamera dashboard.

Almaz Hybrid juga dibundel dengan beberapa fitur unggulan, seperti aplikasi Wuling Remote Control dengan teknologi Internet of Vehicle (IoV) yang memungkinkan pengguna terhubung sepenuhnya dengan kendaraan melalui aplikasi MyWuling+.

Tak hanya itu, Almaz Hybrid yang juga menggunakan panoramic sunroof didukung fitur voice command dalam bahasa Indonesia disebut WIND. Berkat teknologi ini, pengendara dapat mengoperasikan banyak fitur hanya dengan mengatakan “Halo Wuling”.

Almaz Hybrid dibekali mesin 2.0 liter dan dipadukan dengan motor listrik sinkron magnet permanen. Mesin Almaz Hybrid dikawinkan dengan transmisi hybrid khusus. Sedangkan Innova Zenix Hybrid mengusung mesin M20A-FXS dan dipadukan dengan motor listrik. Transmisi K120 menggunakan kode CVT.

(kering / hutang)

Sumber

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *