Argentina Juara Dunia, Messi Lengkapi Trofi dan Bungkam Mbappe dkk di Final!

Olahraga35 Dilihat

Argentina memastikan diri menjadi juara Piala Dunia FIFA 2022. Kepastian itu didapat usai Argentina menaklukkan Prancis melalui adu penalti 4-2 (3-3) di Stadion Lusail, Qatar, Senin (19/12/2022) dini hari WIB. Ini sekaligus menjadi ajang “balas dendam” Messi dkk kepada Mbappe.

Bek Albiceleste Gonzalo Montiel menjadi penentu kemenangan timnya dalam tos-tosan usai sepakannya gagal dibendung kiper Prancis, Hugo Lloris.

Sebelumya dalam waktu normal hingga perpanjangan waktu, laga berlangsung sengit. Argentina sempat unggul dua gol via gol-gol yang dicetak Lionel Messi (menit ke-23) dan Angel Di Maria (menit ke-36).

Namun pada babak kedua, Prancis bangkit berkat dua gol cepat Kylian Mbappe masing-masing pada menit ke 80 dan 81.

Ketika laga memasuki perpanjangan waktu, Messi membawa Argentina unggul 3-2 usai memanfaatkan kemelut di depan gawang Prancis. Namun, Tim Ayam Jantan kembali membalas melalui Mbappe pada menit ke-118 sehingga membuat pertandingan berlanjut ke adu penalti.

Ini merupakan gelar ketiga Argentina sepanjang sejarah. Sebelumnya, Tim Tango menjadi juara pada Piala Dunia FIFA 1978 dan 1986.

Khusus bagi Messi, ini merupakan titel pertamanya sepanjang keikutsertaannya di Piala Dunia FIFA sejak 2006 lalu. Namun ada hal yang tak kalah penting bagi Messi dkk. Kemenangan Argentina tadi malam menjadi ajang untuk memberi pelajaran kepada Kylian Mbappe yang telah merendahlan sepak bola Amerika Selatan.

Beberapa bulan lalu Mbappé sempat berkomentar tentang Piala Dunia yang dalam empat kali gelaran berturut-turut dimenangi oleh negara Eropa, yakni Italia pada 2006, Spanyol (2010), Jerman (2014), dan Prancis (2018).

Atas dasar itu Mbappé mengklaim bahwa tim Eropa lebih superior dibandingkan tim Amerika Selatan. Terakhir kali negara Amerika Selatan memenangi Piala Dunia adalah Brasil pada 2002. Menurut Mbappe, sepak bola Amerika Selatan tidak semaju di Eropa.

“Itulah mengapa ketika Anda melihat Piala Dunia terakhir selalu dimenangi oleh tim Eropa. Keuntungan yang kami miliki di sini di Eropa adalah kami selalu memainkan pertandingan di level tinggi. Kami tiba dengan siap dan Brasil serta Argentina tidak memilikinya,” kata Mbappé seperti dikutip Marca.

Bagaimana tidak, pernyataan ini tentunya membuat Messi dkk meradang karena menganggap ini merendahkan. Ya, sebagai pesepak bola profesional pelajaran yang diberikan kepada Mbappe bukan adu jotos namun ini menjadi ‘energi pembangkit’ yang membuat Argentina menyatukan semangatnya untuk menjadi pemenang.

Argentina telah berpartisipasi sebanyak 17 kali di Piala Dunia. Dalam catatan, Argentina pernah memenangkan Piala Dunia sebanyak dua kali, yakni tahun 1978 dan 1986. Kemudian, menjadi runner up sebanyak tiga kali, tahun 1930, 1990, dan 2014.

Selain itu, La Albiceleste sempat beberapa kali lolos ke 16 besar, hingga maju ke perempat final. Di sisi lain, Argentina juga pernah gagal mengikuti turnamen FIFA ini sebanyak empat kali. Tiga diantaranya karena menolak untuk berpartisipasi, kemudian satunya lantaran tidak memenuhi persyaratan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *