Cara Aman Berkendara dengan Motor Listrik Saat Hujan

Otomatif88 Dilihat

Cakra Berita Cara aman mengendarai motor listrik saat hujan jadi pertanyaan besar ketika musim hujan tiba. Lantas apakah sepeda motor listrik aman dikendarai saat hujan?

Hal ini juga telah diperkirakan dan diinformasikan oleh Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

Bahwa Indonesia telah memasuki musim hujan pada bulan September-November 2022 dan puncak musim hujan akan terjadi pada bulan Desember 2022 – Januari 2023. Oleh karena itu, sebaiknya siapkan jas hujan untuk pengemudi dan penumpang sebelum mengendarai sepeda motor, agar aktivitas Anda tetap lancar. berjalan dengan aman dan nyaman.

Lalu, apakah bisa berkendara menggunakan motor listrik saat hujan? Yap, Anda bisa menggunakan motor listrik saat hujan. Tak perlu khawatir, setiap developer harus menguji kendaraannya sebelum dipasarkan ke masyarakat luas.

Hal ini dikarenakan motor listrik yang dihasilkan tentunya telah didesain sedemikian rupa, termasuk dengan memperhatikan keamanannya dan menguji ketahanannya. Alhasil, semua komponen listrik dan baterai pada motor listrik tahan air.

Sehingga pengemudi dan penumpang tetap aman saat berkendara di kala hujan. Namun, masih ada beberapa tips yang perlu Anda ketahui saat mengendarai motor listrik di saat hujan.

Hal pertama dan terpenting yang perlu dilakukan adalah menghindari genangan air yang lebih tinggi dari roda atau sekitar 20-30 cm, agar mesin di dalam motor tetap terjaga dan tidak korsleting. Jika dirasa kondisi air banjir melebihi batas tersebut, carilah jalan alternatif lain atau tunggu sampai banjir surut.

Kemudian, Anda harus menjaga jarak saat berkendara dengan kendaraan lain. Hal ini dilakukan untuk mengurangi traksi atau selip pada ban sepeda motor. Pasalnya, air hujan sering menutupi sebagian jalan sehingga membuat jalan licin dan rawan kecelakaan.

Selanjutnya, pastikan baterai dalam keadaan penuh atau mencukupi, agar performa sepeda motor tetap terjaga saat melaju di tengah hujan karena charging station masih tergolong jarang. Disarankan juga untuk berkendara dengan kecepatan tetap, dan hindari membuka bagasi utama tempat aki diletakkan saat hujan, agar komponen aki tidak terkena air.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *