Cara cuci helm sendiri di rumah ternyata gampang banget

Otomatif62 Dilihat

Cakra BeritaJAKARTA Helm merupakan salah satu perlengkapan keselamatan yang sangat penting bagi pengguna sepeda motor. Meski begitu, alat ini jarang dicuci sehingga menjadi tempat berkembang biaknya kuman. Padahal, jarang mencuci helm bisa menyebabkan kulit kepala terasa gatal dan iritasi.

Kuman pada helm bisa tumbuh karena helm sering basah karena hujan dan terkena keringat. Semua kotoran yang menempel bisa menjadi tempat berkembang biaknya kuman.

Padahal, mencuci helm sangat mudah dilakukan sendiri di rumah, dan jasa cuci helm juga banyak tersedia. Jika Anda mencucinya secara rutin, helm dapat terhindar dari bakteri dan kuman, serta mencegah kerusakan.

Jika Anda memiliki waktu luang di rumah dan ingin membersihkan helm sendiri, maka simak cara mencuci helm sepeda motor yang benar berikut ini, seperti dikutip dari laman Suzuki.

1. Bersihkan kaca helm

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah membersihkan kaca helm. Untuk memudahkan proses pembersihan, helm atau visor harus dilepas. Membersihkan kaca helm tanpa melepas kaca bisa membuat hasil yang didapat tidak maksimal.

Gunakan kain lembut untuk menghindari goresan pada kaca. Meski sepele, goresan bisa membuat kaca Anda terlihat kurang indah dan pandangan menjadi buram.

Saat kaca sudah bersih, gunakan wax untuk membersihkan kaca helm. Penggunaan wax berguna untuk membuat kaca menjadi bening kembali.

2. Lepaskan busa helm, rendam, cuci dan keringkan

Selanjutnya adalah melepas busa helm untuk memudahkan proses pencucian. Namun, jika helm tidak dilengkapi dengan sistem bantalan yang dapat dilepas, jangan lepaskan busa, ini akan merusak helm jika Anda memaksanya untuk lepas landas.

Cuci busa helm menggunakan air sabun. Agar kotoran pada busa lebih mudah dibersihkan, perlu dilakukan perendaman menggunakan air sabun selama kurang lebih 30 menit.

Saat proses perendaman selesai, pencucian helm bisa dilakukan dengan menyikat busa helm menggunakan sikat yang lembut. Penting untuk menggunakan sikat bulu yang lembut agar busa tidak rusak dan helm tetap awet.

Pastikan untuk membilas busa setelah Anda selesai mencuci. Setelah itu, rendam kembali busa menggunakan pewangi selama 10 menit.

Perendaman ini dilakukan agar helm tidak cepat mengeluarkan bau apek. Namun, opsi ini bisa dilewati jika Anda tidak menyukai aroma wewangian pakaian.

Setelah perendaman dengan wewangian selesai, peras busanya perlahan-lahan agar tidak pecah lalu segera jemur di bawah sinar matahari. Pastikan untuk mengeringkan busa di bawah terik matahari agar busa dapat mengering dengan sempurna.

Sumber

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *