Dukung Transisi 2 Juta Motor Listrik, Menhub Upayakan SRUT Gratis

Otomatif100 Dilihat

Cakra Berita, JAKARTA – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mendukung upaya percepatan peralihan kendaraan berbahan bakar fosil ke kendaraan listrik mulai dari sepeda motor, dengan target 2 juta sepeda motor listrik di Indonesia pada tahun 2025.

Menurut Budi, Kementerian Perhubungan telah mengeluarkan sejumlah peraturan dan kebijakan dalam menindaklanjuti keputusan presiden, baik dari Perpres 55 Tahun 2019 maupun Inpres 7 Tahun 2022.

Baru-baru ini, Kementerian Perhubungan akan berupaya mempermudah pengguna kendaraan listrik di tanah air dengan mengupayakan Sertifikasi Registrasi Uji Tipe atau SRUT secara gratis.

“Kami mendorong Surat Tanda Registrasi Uji Tipe (SRUT) secara gratis untuk memberikan kemudahan dan saat ini ada sekitar 28.000 SRUT kendaraan listrik yang telah kami selesaikan,” kata Budi dalam keterangan resminya dalam FGD Menuju Pencapaian Target Presiden 2 Juta Sepeda Motor Listrik di Indonesia. Indonesia yang diselenggarakan Staf Khusus Presiden (SKP) Diaz Hendropriyono, di Jakarta, Selasa (4/10/2022).

Menhub dalam FGD Menuju Pencapaian Target Presiden 2 Juta Sepeda Motor Listrik di IndonesiaKementerian Perhubungan Menhub dalam FGD Menuju Pencapaian Target Presiden 2 Juta Sepeda Motor Listrik di Indonesia

Lebih lanjut Budi menjelaskan, jumlah pengguna sepeda motor di Indonesia sekitar 133 juta lebih. Dari sisi permintaan mencapai 5 juta unit dalam satu tahun, bahkan sebelum pandemi mencapai 10 juta unit.

Dengan demikian, hal ini menegaskan bahwa pasar sepeda motor di Indonesia sangat besar yang dapat dijadikan sebagai pengubah permainan dalam mempercepat transisi.

Budi menjelaskan, ada tiga hal utama yang harus diperhatikan dan terus ditingkatkan dalam mencapai target peralihan bensin ke motor listrik.

Pertama tentang kualitas aki, kemudian menambah jumlah stasiun pengisian atau tempat penggantian aki, dan terakhir kualitas mesin kendaraan listrik.

Dengan meningkatnya populasi pengguna motor listrik, selain dapat mengurangi polusi udara, juga membantu mengurangi subsidi energi bahan bakar yang mencapai Rp502 triliun.

“Kita berharap subsidi ini berkurang seiring dengan meningkatnya jumlah pengguna kendaraan listrik. Uang yang tadinya untuk subsidi BBM bisa kita gunakan untuk membangun bangsa,” kata Budi.

Candradimuka Kustpmfest 2022 Electric ChopperKOMPAS.com/STANLY RAVEL Candradimuka Kustpmfest 2022 Electric Chopper

“Pemerintah telah mendorong melalui regulasi, perguruan tinggi dengan riset, dan pelaku industri untuk secara masif mengimplementasikan dan memproduksi kendaraan listrik dengan harga yang lebih ekonomis dan kualitas yang baik,” katanya.

Sumber

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *