Gempa Bumi 4,8 M Guncang Malang Hari Ini, Waspada Gempa Susulan

Berita39 Dilihat
Gempa berkekuatan M 4,8 mengguncang Malang, Jawa Timur, pada Rabu (21/12/2022) dini hari pukul 01.05.47 WIB. Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Daryono menjelaskan, titik episenter gempa tektonik ini berada pada koordinat 8,89 derajat LS dan 112,46 derajat BT. Tepatnya, di laut pada jarak 84 km arah barat daya Malang, Jawa Timur, dengan kedalaman 29 km. Kendati berpusat di laut, Daryono menegaskan bahwa gempa Malang hari ini tidak berpotensi tsunami.
“Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami,” ungkap Daryono
Gempa Malang hari ini dirasakan di berbagai daerah dengan skala intensitas berbeda-beda. Daryono menyebutkan, Trenggalek, Karangkates Malang, dan Blitar merasakan gempa dengan skala intensitas II-III MMI. Artinya, getaran terasa nyata di dalam rumah dan seakan-akan ada truk tengah melintas.
Di daerah lain termasuk Tempursari, Pronojiwo, dan Pasirian, Lumajang, gempa terasa dengan skala intensitas II MMI. Dengan demikian, getaran dirasakan oleh beberapa orang, serta benda-benda ringan yang tergantung turut bergoyang.
“Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut,” papar Daryono. Di sisi lain, Daryono mengatakan bahwa hingga Rabu pukul 01.32 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan atau aftershock.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *