Habiskan Rp2,5 T, Jokowi Resmikan Bendungan Semantok

Berita46 Dilihat
Presiden Jokowi meresmikan Bendungan Semantok di Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur yang pembangunannya menghabiskan anggaran sekitar Rp2,5 triliun pada Senin (20/12).

“Dengan mengucap Bismillah, pada siang ini Bendungan Semantok, Kabupaten Nganjuk, Provinsi Jawa Timur, saya nyatakan dibuka secara resmi,” ujar Jokowi dalam tayangan youtube Sekretariat Presiden.

Jokowi mengatakan Bendungan Semantok ini selesai setelah dimulai pembangunannya sejak 2017 lalu. Kapasitas tampung bendungan 32,6 juta meter kubik dan luas genangan 350 hektar.

Bendungan ini ia harapkan bisa mengairi 1.900 hektar sawah yang ada di sekitarnya. Dengan peningkatan irigasi itu, ia berharap hasil panen lebih berlimpah dan kesejahteraan petani bisa meningkat.

“Inilah yang kita harapkan dengan bendungan ini mestinya yang bawah nanti terairi. Biasanya panen sekali jadi dua kali, biasanya panen dua kali jadi tiga kali. Biasanya tidak bisa ditanami pada bisa panen dua sampai tiga kali,” jelasnya.

Selain itu, Jokowi mengatakan Semantok menjadi bendungan ke-30 yang diresmikan setelah memulai pembangunan bendungan-bendungan dan waduk-waduk di seluruh Indonesia. Nantinya, sampai akhir 2022 diharapkan bendungan yang selesai dan diresmikan bisa mencapai 50-60an.

“Karena kita tahu apapun air adalah kunci, baik untuk pertanian ataupun hal lain, listrik pariwisata dan semuanya. Oleh sebab itu, semakin banyak bendungan kita bangun, kita harapkan produksi pertanian kita makin baik dan kesejahteraan petani makin baik,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *