Harga Emas Dunia Naik! Antam Ikut-ikutan, Sudah Rp 1 Juta

Ekonomi53 Dilihat

Harga emas Logam Mulia produksi PT Aneka Tambang Tbk pada Sabtu (10/12/2022) di butik emas LM Graha Dipta Pulo Gadung melonjak Rp 4.000 per gram menjadi Rp1.007.000 per gram.

Sementara harga buyback (harga yang digunakan ketika menjual emas kembali) juga naik Rp 4.000 per gram menjadi Rp 901.000 per gram.

“Harga jual kembali adalah sama untuk semua pecahan dan tahun produksi. Untuk transaksi buyback silakan menghubungi Butik Emas LM terdekat dengan jam layanan pada hari kerja Senin-Jumat. Pembayaran dilakukan secara transfer pada H+2 s/d H+3 (hari kerja).

Jika kemasan rusak atau hilang dikenakan potongan sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku,” jelas keterangan di situs Antam.

Harga emas Antam dipengaruhi oleh gerak emas dunia. Dengan ini, dilansir CNBC, dalam sepekan harga emas antam sudah naik 0.9%.

PT Antam menjual emas mulai ukuran 0,5 gram hingga 1.000 gram. Harga jual tersebut belum termasuk pajak 0,9% bagi pembelian tanpa menggunakan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP), dan 0,45% dengan NPWP.

Harga emas dunia yang di banderol dengan dolar Amerika Serikat (AS) menjadi penggerak utama harga emas batangan di dalam negeri. Naik turunnya cenderung mengikuti emas dunia, meski dengan persentase yang berbeda.

Selain nilai tukar rupiah, supply-demand di dalam negeri turut mempengaruhi harga emas Antam.

Harga emas Antam yang menguat sejalan dengan kenaikan harga emas dunia di pasar spot. Pada perdagangan Jumat (9/12/2022), harga emas juga menguat 1,52% ke posisi US$ 1.796,15 per troy ons.

Dalam sepekan, harga emas dunia masih melemah tipis 0,09% secara point to point (ptp). Dalam sebulan, harga emas masih melonjak 4,9% sementara dalam setahun melemah 0,86%.

Penguatan emas menjelang rapat FOMC terbilang tidak biasa. Sepanjang tahun ini, emas selalu ambruk menjelang rapat FOMC. Emas anjlok lebih dari 1,7% dua hari beruntun sebelum rapat FOMC Maret.

Emas juga anjlok 1,8% dua tiga hari menjelang pertemuan FOMC pada Mei lalu kendati menguat tipis pada dua hari sebelum rapat digelar.

Analis dari Kitco Metals, Jim Wyckoff, mengatakan pergerakan emas kini menunggu adanya data fundamental sebelum bank sentral Amerika Serikat (AS) The Federal Reserve (The Fed) menggelar rapat FOMC pada 13-14 mendatang.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *