Kota Roma Hidupkan Pohon Natal yang Ramah Lingkungan dan Hemat Energi

Beberapa waktu lalu di ibukota Italia Roma menampilkan pohon Natalnya kedua yang ramah lingkungan. Pohon itu dipajang di Taman Campidoglio.

Pohon Natal setinggi enam meter itu mendapatkan tenaga listrik dari enam sepeda yang dikayuh, yang dihubungkan ke sebuah generator listrik. Pohon Natal itu akan menerangi balai kota Roma dan taman tersebut hingga tanggal 6 Januari mendatang.

Ketua Dewan Kota dan promotor acara penyalaan pohon Natal itu, Svetlana Celli mengatakan, inisiatif ramah lingkungan ini “bersifat simbolis namun efisien” serta merupakan “sinyal perdamaian dan harapan.”

‘Pedalotto’ tentu saja merupakan pohon yang dibutuhkan di taman ini, yang sudah bertahun-tahun tidak memilikinya, namun kali ini dengan sesuatu yang unik, pohon itu menyala ketika warga mengayuh sepeda-sepeda tersebut. Bintang di puncak pohon itu juga akan menyala dengan mengayuh mulai hari ini hingga selesai liburan Natal. Ini merupakan sinyal, simbol dari masa yang sulit melawan perubahan iklim, pentingnya menghemat energi dan segala sesuatu yang kita lalui.

Saat acara penyalaan pohon Natal, Wali Kota Roma, Roberto Gualtieri, Ketua Dewan Kota Svetlana Celli, beberapa anggota dewan dan warga mengayuh sepeda-sepeda itu untuk menyalakan pohon Natal.

Andrea Satta, musisi dan pencipta “panggung sepeda” itu mengatakan, “Prioritas tahun ini adalah lingkungan. Ini merupakan tantangan utama untuk dekade mendatang. Sepeda merupakan salah satu solusinya. Solusi lainnya adalah energi terbarukan. Sejarah dan peristiwa masa kinilah yang menunjukkan hal ini kepada kita.”

Inisiatif itu menyusul peresmian pohon Natal terpenting di kota Roma yang berada di tengah Piazza Venezia. Lampu-lampu di pohon Natal ramah lingkungan setinggi 27 meter itu dinyalakan dengan menggunakan dua panel surya.

Krisis energi juga berdampak pada tradisi penyalaan lampu-lampu Natal di seluruh Italia. Pohon Natal yang “bebas karbon” tampaknya menjadi pilihan terbaik untuk merayakan Natal di Italia tahun ini.

Kota kecil Borno di pegunungan Alpen dan Modugno, di dekat pesisir Apulia, juga memutuskan untuk memasang pohon Natal yang dihubungkan ke sepeda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *