Menabrak Genangan Air Dapat Merusak Kopling Mobil

Otomatif87 Dilihat

Cakra Berita, YOGYAKARTA– Curah hujan semakin deras di Indonesia, seiring dengan masuknya musim hujan. Alhasil, semakin sering terlihat genangan air di jalan.

Keadaan ini sering membuat pengguna mobil cemas, karena jika genangan cukup dalam dapat membuat air masuk ke bagian mobil.

Karena kaki pasti akan basah oleh air, sehingga mesin dan transmisi sangat rentan terkena air.

Ternyata, air yang masuk ke komponen mobil tidak boleh dianggap remeh karena bisa merusak. Sebut saja seperti kopling pada mobil manual, sangat rawan rusak karena air.

Banjir melanda perumahan di Cipayung, Ciputat, Tangerang Selatan pada Selasa (4/10/2022) sore. Saat ini genangan sudah surut, sekitar pukul 17.00 WIB ketinggian air maksimal 25 cm.KOMPAS.com/ANNISA RAMADANI SIREGAR Banjir melanda perumahan di Cipayung, Ciputat, Tangerang Selatan pada Selasa (4/10/2022) sore. Saat ini genangan sudah surut, sekitar pukul 17.00 WIB ketinggian air maksimal 25 cm.

Foreman Aha Motor Nissan & Datsun Specialist Aji Dwi Nugroho mengatakan, begitu mobil terkena genangan air, sebaiknya jangan langsung parkir saat kopling masih basah.

“Kalau kena genangan air usahakan selalu ingat untuk tidak memarkir mobil secara langsung, dalam arti membiarkan kampas kopling basah, kalau mobil manual bisa merusak kampas kopling,” kata Aji kepada Kompas. com, Selasa (4/10). /2022).

Dia mengatakan genangan air bisa dengan mudah masuk ke rumah kopling, karena rumah kopling memiliki lubang angin di bagian bawah dan menjadi lubang yang mudah bagi air untuk masuk.

Baca Juga: Di Bawah Tol Meruya Digenangi Air 10 Cm, Sudin SDA: Genangan Kurang dari 15 Menit

Genangan air terjadi di kawasan Desa Sitiarjo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang, Minggu (11/9/2022).Dermaga. BPBD Kabupaten Malang Genangan air terjadi di kawasan Desa Sitiarjo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang, Minggu (11/9/2022).

“Clutch housing harus basah jika mobil menabrak genangan air yang cukup dalam, ini bisa terjadi karena ada celah ventilasi antara clutch housing dan mesin, sehingga lapisan kopling akan basah,” kata Aji.

Dijelaskannya, jika kopling basah, maka sesuai dengan karakter bahannya, setelah kering bisa menempel pada logam yang menempel padanya.

“Kalau mobil langsung parkir setelah kena banjir, kampas kopling akan lengket setelah kering, biasanya saat baru sadar besoknya mau pakai mobil tuas transmisi jadi susah masuk gigi,” kata Aji.

Baca juga: Antisipasi Banjir di Musim Hujan, Pemkot Surabaya Bangun 55 Perlintasan Air

Hujan deras menyebabkan genangan air di Jalan Pegangsaan Barat, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (7/9/2022).Dermaga. Sudin Jakarta Pusat Sumber Daya Alam Hujan deras menyebabkan genangan air di Jalan Pegangsaan Barat, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (7/9/2022).

Sumber

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *