Partai Ummat Gagal Ke Pemilu 2024, Amien Rais Kritisi Pemimpin Sekarang Sudah Berubah

Berita, Politik50 Dilihat

Partai Ummat dinyatakan tak lolos sebagai peserta Pemilu 2024 oleh KPU. Ketua Majelis Syuro Partai Ummat Amien Rais menuding partainya tak diloloskan lantaran kerap kali mengkritik kebijakan pemerintah.

“Memang ciri seorang kepala negara ya, yang ingin memborong kebenaran tidak ingin ada pendapat yang berbeda, karena itu mengganggu,” kata Amien Rais saat ditanya apakah ada keterlibatan dari pihak istana, dalam konferensi pers secara virtual, Rabu, (14/12/2022).

Amien menyebut semestinya sistem demokrasi yang dianut bangsa benar-benar diterapkan. Ia menilai pemimpin saat ini dikelilingi oleh para penjilat hingga tujuan yang awalnya baik berbelok hanya untuk kepentingan suatu kelompok.

“Tetapi, memang banyak kalau seorang pemimpin dikerumuni oleh penjilat suatu penguasa, penguasa yang tadinya itu mungkin berwatak demokratis, mungkin awalnya memang ya dekat dengan rakyat, mungkin awalnya membela rakyat, nah itu pelan-pelan bisa bergulir, berubah,” tutur Amien Rais.

“Sehingga kebenaran rakyat katakan di bawah kepentingan korporat-korporat, para konglomerat, para oligarki yang seringkali itu justru kepentingan bangsa berubah karena ada kepentingan asing,” sambungnya.

Amien menilai sesuatu yang menguntungkan oligarki juga ada karena mereka yang menyusun kebijakan di sana. Amien berharap partainya bisa masuk ke parlemen untuk mengubah hal yang dianggap menyengsarakan rakyat.

“Bahkan dalam impian kami, dalam harapan kami, itu kalau Partai Ummat bisa ikut dapatkan suara yang cukup signifikan. Ada fraksi Partai Ummat yang bersama fraksi lain meluncur kepada jurang sosial penderitaan bangsa, salah satunya mengganti undang-undang, yang lebih melayani kebutuhan bangsa sendiri,” jelas Amien.

Amien menilai gagalnya Partai Ummat juga karena terlalu kritis kepada kebijakan pemerintah. Lantaran hal itu, partainya disingkirkan.

“Kami menyatakan bahwa Partai Ummat memang selama ini cukup kritis dengan kebijakan pemerintah karena itu maka telah disingkirkan menjadi satu satunya partai yang disingkirkan,” tandasnya.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *