Pratama Arhan Alami Cedera Jelang Piala AFF 2022 Bergulir, Ini Penggantinya!

Olahraga32 Dilihat

Pelatih Tim Nasional Indonesia, Shin tae-yong telah menyatakan bahwa Pratama Arhan saat ini sedang mengalami cedera. Bahkan, pada Selasa (20/12/2022) petang kemarin saat sesi latihan pemain Timnas di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Arhan tampak menjalani latihan secara terpisah.

“Buat jaga-jaga saja, makanya Pratama Arhan latihan terpisah di Timnas Indonesia sore ini. Cedera ada. Tapi bukan cedera serius. Buat jaga-jaga, Arhan berlatih di pinggir lapangan,” terang Shin Tae-yong.

Meski Shin Tae-yong telah menjelaskan bahwa Arhan hanya mengalami cedera ringan. Namun, kemungkinan besar Arhan tidak akan bermain saat Indonesia menghadapi Kamboja di laga perdana Piala AFF 2022 pada Jumat (23/12/2022) besok.

Shin Tae-yong memberikan isyarat bahwa ia lebih memilih mengistirahatkan Arhan alih-alih memaksanya bermain melawan Kamboja. Meski, di sisi lain, Kamboja juga bukan lawan yang bisa diremehkan.

Pasalnya, Selasa (20/12/2022) kemarin, mereka berhasil menang saat menjamu tim kuat Filipina dengan skor 3-2. Kemenangan tersebut tentu mengejutkan. Sebab, Filipina merupakan salah satu tim kuat di Grup A Piala AFF 2022.

Shin Tae-yong juga menegaskan bahwa tenaga Arhan masih akan sangat dibutuhkan saat Indonesia nantinya menghadapi lawan-lawan berat seperti Thailand dan Filipina.

Kehilangan sosok Pratama Arhan di sektor pertahanan Indonesia tentu cukup merugikan. Sebab, selama ini Arhan telah menjadi salah satu pilihan utama untuk mengisi posisi tersebut.

Meski Arhan hanya sekali-dua mendapatkan kesempatan bermain di klubnya, Tokyo Verdy. Namun, di Timnas Indonesia peran Arhan masih sangat vital.

Sebagai alternatif untuk mengisi kekosongan di posisi bek sayap kiri tersebut, Edo Febriansyah adalah pilihan yang paling memungkinkan. Pasalnya, posisi natural Edo memang sebagai bek sayap kiri.

Sayangnya, kualitas Edo dan Arhan memang masih belum bisa disejajarkan. Arhan memiliki kemampuan bertahan dan menyerang yang sama baiknya. Terlebih, Arhan memiliki lemparan ke dalam yang jauh dan umpan silang akurat.

Meski begitu, sejak meninggalkan Persik Kediri dan bermain di RANS Nusantara, pola permainan Edo juga semakin berkembang.

Edo yang sebelumnya cukup kesulitan menjaga pertahanan dan kerap jadi titik lemah di lini pertahanan, kini bermain lebih solid. Ia pun cukup baik dalam menyerang dengan raihan dua gol dua assist di Liga 1 Indonesia musim 2022/2023.

Opsi lain, yang juga sangat mungkin menjadi pilihan Shin Tae-yong adalah memainkan Yakob Sayuri di posisi Pratama Arhan. Yakob, menjadi salah satu pemain andalan Timnas Indonesia untuk mengisi posisi bek sayap kanan dan kiri saat menghadapi Curacao di laga persahabatan beberapa waktu lalu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *