Rekomendasi 5 Smartphone Terbaik Untuk Awali Tahun Baru Kamu

Teknologi, Tips49 Dilihat

Akhir tahun menjadi waktu yang tepat untuk membeli telepon genggam (handphone/HP) baru. Alasannya, konsumen bisa membandingkan dengan lengkap seluruh smartphone yang sudah dirilis pada tahun ini, termasuk review lengkap serta pengalaman para penggunanya.

Apalagi, vendor HP berlomba-lomba menghadirkan inovasi terbaru untuk memenangkan hati pasar, dari ponsel premium hingga low budget. Beberapa di antaranya ada Samsung yang unjuk gigi melalui seri flagship Galaxy S22 dengan model Ultra yang paling menonjol, serta Galaxy Z Flip 4 yang miliki desain yang futuristik.

Selain itu, OPPO juga menggemborkan seri Find X5 Pro dengan peningkatan kamera yang signifikan. Bahkan, vendor asal China tersebut mengembangkan chip gambar MariSilicon X Imaging NPU yang memungkinkan penurunan noise secara signifikan dan menghasilkan video beresolusi tinggi di malam hari atau disebut 4K Ultra Night Video.

Di kelas budget, Redmi Note 11 bisa jadi pilihan yang cerdas. Dengan harga Rp 2 jutaan, pengguna sudah mendapat layar AMOLED 6,43 inci dengan refresh rate 90Hz. Pengalaman nonton video bakal terasa lebih mulus di HP murah.

Belum lagi, refresh rate lumayan tinggi yang biasanya boros baterai diklaim tak jadi masalah untuk Redmi Note 11, sebab sudah dibekali baterai jumbo 5.000 mAh.

Bagi Apple fanboy, iPhone keluaran September lalu pun tak mengecewakan. Pabrikan Cupertino tersebut menancapkan dua fitur stabilisasi gambar baru yang menghasilkan perekaman video andal.

Pertama, pengaturan “Enhanced Stabilization” yang akan memotong sebagian kecil footage video untuk menstabilkan hasil akhir.

Selain itu, ada pula “Action Mode” yang sudah lumayan familiar di ponsel Android. Pengaturan ini memungkinkan pemotongan (cropping) yang lebih berat untuk mencapai hasil video yang lebih stabil di resolusi 2K.

Bagi kamu yang berniat ganti HP baru menjelang akhir tahun, berikut spesifikasi dan harga 5 smartphone terbaik tahun ini!

  • GALAXY Z FLIP 4

Seri HP lipat Samsung Galaxy Z Flip dan Fold wara-wiri di drama Korea (drakor) kesayangan netizen. Bahkan sampai dijuluki “HP drakor”.

Tahun ini, Samsung pun kembali memasarkan dua ponsel lipat dengan memboyong duo Galaxy Z Flip 4 dan Z Fold 4. Keduanya sama-sama mengusung spesifikasi dan fitur andal ala HP flagship.

Namun, yang paling menarik justru tampak dari segi desain Galaxy Z Flip 4 yang bikin penggemar BTS alias “Army” tergoda untuk membeli. Samsung menghadirkan varian “Bora Purple” (ungu muda) yang terinspirasi dari grup musik asal Korea Selatan tersebut.

Samsung memang telah menggandeng BTS sebagai brand ambassador (BA) sejak 2020 lalu. Boyband yang berhasil menembus tangga lagu Billboard tersebut sudah sering terpampang di iklan produk-produk andalan Samsung, termasuk Galaxy Z Flip 4.

Selain varian warna, Samsung juga merilis ringtone legendaris ‘Over the Horizon’ yang diproduseri dan dibuat versi remix oleh salah satu member BTS, Suga. Ringtone versi terbaru itu eksklusif tersedia untuk Galaxy Z Flip 4 dan Z Fold 4.

Inovasi desain lainnya pada Galaxy Z Flip 4 terlihat pada opsi “BeSpoke Edition”. Samsung memberikan kebebasan lebih bagi pembeli untuk menyesuaikan warna Galaxy Z Flip 4 dengan ragam pilihan custom.

Di Indonesia, edisi ini hadir dengan warna Gold/Yellow/White (emas/kuning/putih), Black/Khaki/Khaki (hitam/hijau tua/hijau tua), Silver/White/White (silver/putih/putih), dan Silver/Navy/Navy (silver/biru tua/biru tua), serta menyambut kemerdekaan RI dihadirkan warna merah-putih.

HARGA DAN SPESIFIKASI

Ponsel ini memiliki layar kecil Super AMOLED berukuran 1,9 inci yang disebut “cover screen”. Fungsinya untuk menampilan notifikasi atau widget saat ponsel sedang dilipat. Selain itu juga untuk preview foto saat menggunakan kamera belakang 12MP+12MP.

Saat ponsel dibuka, maka akan terbentang layar Dynamic AMOLED 2x 6,7 inci. Layar ini didukung dengan refresh rate mencapai 120 Hz, sehingga kemulusan layar dan pengalaman visual saat main game atau menonton video tak perlu diragukan lagi.

Di bagian dalam ponsel ini juga terdapat satu kamera dengan resolusi 10MP. Pengguna juga bisa memanfaatkan FlexCam untuk memanfaatkan kamera Galaxy Z Flip 4. Caranya mudah, tinggal mengatur sudut lipat perangkat dan letakkan di permukaan datar, setelah itu ambil foto maupun video.

Diluncurkan Agustus lalu, berikut daftar harga terbaru Z Flip 4, dikutip dari laman resmi Samsung.

8GB + 128GB Rp 13.999.000

8GB + 256GB Rp 14.999.000

8GB + 256GB Rp 15.499.000 (Bespoke Edition)

8GB + 512GB Rp 16.999.000.

  • iPhone 14 PRO

iPhone 14 Pro mungkin jadi salah satu ponsel yang membawa peningkatan cukup signifikan tahun ini, mulai dari aspek performa yang semakin garang, kamera yang lebih baik, hingga tampilan dan desain yang beda.

Kali ini iPhone 14 Pro hadir dengan sensor lebih besar dari pendahulunya, yakni 48MP dengan. Kamera tersebut juga sudah disematkan filter warna Quad-Bayer yang pertama kali ditemui di lini iPhone. Hal ini memungkinkan kualitas foto yang lebih tajam dengan warna yang lebih nyata.

Lensa ultra wide 12MP pada iPhone 14 Pro juga mendapatkan sensor lebih baru. Namun, kemampuan kamera telephoto 12MP-nya masih sama dengan pendahulunya. Kamera depannya berukuran 12MP dengan bukaan f/1.9. Kamera ini juga didukung fitur stabilisasi optik, lensa lebih cerah dan juga fokus otomatis.

Semua kamera yang terdapat pada iPhone 14 Pro sudah mendukung perekaman video 4K di 60fps dengan fitur Cinematic Stabilization, sehingga pengguna bisa mendapatkan hasil video yang stabil tanpa perlu menggunakan gimbal. Untuk ketajaman warna dan penangkapan cahaya, iPhone 14 Pro mengandalkan fitur Expanded Dynamic Range dan mode Dolby Vision HDR.

Ada dua opsi stabilisasi gambar baru yang dibawa Apple pada iPhone 14 Pro. Pertama, pengaturan “Enhanced Stabilization” yang akan memotong sebagian kecil footage video untuk menstabilkan hasil akhir.

Selain itu ada pula “Action Mode” yang sudah lumayan familiar di ponsel Android. Pengaturan ini memungkinkan pemotongan (cropping) yang lebih berat untuk mencapai hasil video yang lebih stabil di resolusi 2K. Mode ini paling baik digunakan pada kamera ultra wide 60fps, tetapi juga tersedia di kamera telephoto iPhone 14 Pro.

Apple memang paling konsisten menjaga kualitas kameranya. Tak hanya untuk menjepret foto, tetapi perekaman video pun selalu ditingkatkan. Tak heran jika lini iPhone kerap dijadikan pilihan bagi para content creator yang harus rajin dan eksis membuat video via smartphone.

HARGA DAN SPESIFIKASI

iPhone 14 Pro menggunakan chipset Apple A16 Bionic yang menawarkan kinerja dan grafis lebih cepat. Apple juga mengganti notch legendarisnya dengan tampilan baru. Bernama Dynamic Island, ini desain ini serupa punch hole tetapi lebih lebar seperti membentuk pulau di atas layar iPhone 14 Pro.

Ponsel ini hadir dengan layar berukuran 6,1 inci LTPO Super Retina XDR OLED. Layar tersebut juga memiliki refresh rate 120 Hz yang terbilang sudah lumrah untuk ponsel papan atas.

Dari segi baterai, Apple tak menyematkan ukuran yang besar hanya 3.200 mAh. Namun telah didukung oleh fast charging yang diklaim dapat mengisi 50% selama 30 menit.

Seri iPhone 14, termasuk versi Pro juga telah dirilis di Indonesia sejak September lalu. Berikut daftar harganya di Tanah Air.

iPhone 14 Pro 128GB = Rp. 19.999.000

iPhone 14 Pro 256GB = Rp. 22.999.000

iPhone 14 Pro 512GB = Rp. 26.999.000

iPhone 14 Pro 1TB = Rp. 30.999.000

  • REDMI NOTE 11

Dengan harga Rp 2 jutaan, Redmi Note 11 membawa spesifikasi yang biasa ditemui di ponsel kelas atas. Xiaomi menyematkan layar AMOLED pada Redmi Note 11 berukuran 6,43 inci. Layar AMOLED sebenarnya bukan hal baru, sebab Redmi Note 10 pun sudah dibekali spek layar serupa.

Yang membedakan adalah tingkat refresh rate pada layar AMOLED Redmi Note 11 yang sudah mencapai 90Hz. Dengan begitu, tampilan layar akan terasa lebih tajam. Pengalaman pengguna menjajal smartphone pun akan lebih mulus, sebab layar lebih sering memperbarui tampilan per detiknya.

Bagi yang doyan nonton video di smartphone, tampilan dengan refresh rate 90Hz pada Redmi Note 11 bisa menjadi salah satu alasan untuk membeli HP ini. Apalagi, refresh rate tinggi yang biasanya boros baterai diklaim tak jadi masalah untuk Redmi Note 11.

Redmi Note 11 dibekali baterai berkapasitas cukup besar 5.000 mAh dan ditunjang prosesor Snapdragon 680. Meski performa Snapdragon 680 terbilang standar, tetapi mendukung penghematan baterai berkat proses manufaktur 6nm yang lebih efisien.

Di bagian kamera, Xiaomi Redmi Note 11 memiliki empat lensa dengan kamera utama 50MP (wide). Selain itu juga terdapat 8MP (ultra wide angle) + 2MP (depth) + 2MP (macro). Sedangkan untuk kamera selfie ditempatkan 13MP. Bagi smartphone Rp 2 jutaan, spesifikasi ini terbilang unggul.

HARGA DAN SPESIFIKASI

Fitur-fitur lainnya juga cukup menggiurkan, seperti dukungan pengisian daya cepat (fast charging) sebesar 33W, yang diklaim dapat mengisi penuh baterai dalam waktu 60 menit. Ponsel ini juga memiliki pemindai fingerprint yang ditempatkan di bagian sisi perangkat. Selain itu juga ada port infrared, 3,5 mm jack, dan virtual proximity sensor.

Saat pertama diluncurkan di Indonesia, Redmi Note 11 dibanderol dengan harga Rp 2.499.000 untuk model 4GB+128GB, kini sudah turun harga menjadi Rp 2.399.000, berdasarkan pantauan CNBC Indonesia di situs resmi Xiaomi. Sementara itu, varian 6GB+128GB yang tadinya dibanderol Rp 2.799.000 kini turun harga menjadi Rp 2.699.000.

  • SAMSUNG GALAXI S22 ULTRA

Varian paling prima dari seri Galaxy S keluaran awal 2022 ini mendapat banyak pujian dari reviewer dan pecinta gadget, terutama di sektor kamera dan peningkatan fungsi pena digital (stylus) S Pen. Kali ini S Pen tersedia sebagai bawaan perangkat (built-in), persis seperti seri Galaxy Note dulu.

Karenanya, S Pen di Galaxy S22 Ultra juga sudah kompatibel untuk fitur “Air Action” yang mendukung fungsi produktivitas lebih jauh lagi.

Air Action mampu mengontrol aplikasi pada Galaxy S22 Ultra dengan menggunakan S Pen sebagai remote control-nya. Dengan beberapa gestur, seperti menjentik atau melambai, S Pen bisa membuka aplikasi, mengontrol volume musik, menjepret foto, melakukan tangkapan layar (screenshot), dan masih banyak lagi.

Pada kamera, Samsung membekali Galaxy S22 Ultra dengan empat lensa (quad camera). Kamera utamanya memiliki sensor beresolusi 108MP menggunakan teknologi nona-binning, yakni penggabungan 9 piksel dalam susunan 3×3 menjadi 1 piksel. Dengan teknologi tersebut, kamera smartphone mampu menghasilkan kualitas foto papan atas dan pengurangan noise secara maksimal.

Kamera utama itu ditemani dengan kamera sekunder 12MP untuk fungsi pemotretan jangka luas (ultrawide) yang dibubuhi fitur fokus otomatis (autofocus). Dua kamera lainnya masing-masing resolusi 10MP untuk fungsi pemotretan jarak jauh (telephoto) hingga 10x zoom.

Sedangkan di bagian depan, Samsung Galaxy S22 Ultra memiliki lensa selfie 40MP dengan bukaan f/22. Spesifikasi lainnya, Samsung S22 Ultra memiliki layar seluas 6,0 inci Dynamix Amoled 2X. Bagian depan dan belakang HP ini terbuat dari kaca dan dilindungi Gorilla Glass Victus+.

HARGA DAN SPESIFIKASI

Terdapat baterai 5.000 mAh dengan dukungan pengisian daya cepat 45W dan pengisian nirkabel cepat 15W serta reverse wireless 4,5W. Di sisi chipset, S22 Ultra dibekali Exynos 2200 atau Qualcomm Snapdragon 8 Gen 1 yang bergantung pada pasarnya. Ponsel ini juga hadir dengan tiga model RAM dan RoM yakni 8GB+128GB, 12GB+256GB, 12GB+512GB.

Berikut harga S22 Ultra terbaru di situs resmi Samsung.

RAM 8 GB + ROM 128 GB = Rp 16.499.000

RAM 12 GB + ROM 256 GB = Rp 17.499.000

RAM 12 GB + ROM 512GB = Rp 18.999.000

  • OPPO FIND 5X PRO

HP yang resmi tersedia di Indonesia sejak Februari 2022 ini membawa kualitas kamera yang jauh lebih baik, baterai jumbo, serta desain yang lebih kokoh dengan material keramik. Oppo menancapkan tiga kamera (triple camera) di wadah dengan desain asimetris, sebuah perubahan unik yang langsung tampak dibandingkan pendahulunya.

Resolusi kamera utamanya masing-masing 50MP untuk fungsi pemotretan jangka lebar (wide & ultrawide), serta satu kamera 13MP untuk fungsi pemotretan jarak jauh (telephoto) dengan 2x optical zoom.

Kamera periskop 3MP yang hadir di OPPO Find X3 Pro memang tidak ditemui lagi di Find X5 Pro. Namun, hal ini tidak terlalu menjadi masalah, sebab dalam fungsionalitasnya tidak terlalu memengaruhi pengalaman penjepretan pengguna.

Teknologi kamera yang disematkan OPPO di Find X5 Pro membawa hasil foto yang lebih stabil berkat ketersediaan sensor-shift. Lensa kamera dengan kestabilan yang meningkat juga mengurangi efek penyimpangan warna (chromatic aberrations) hingga 77%.

Dari sisi kamera depan, fungsi selfie Find X5 Pro kurang lebih masih sama dengan pendahulunya dengan sensor beresolusi 32MP yang disematkan fitur Quad Bayer untuk koreksi warna dan ketajaman yang lebih andal.

Berkat kolaborasi dengan vendor kamera asal Swedia, Hasselblad, Find X5 Pro juga mampu menghasilkan kalibrasi warna yang lebih natural. Selain itu, OPPO juga mengembangkan chip gambar MariSilicon X Imaging NPU yang memungkinkan penurunan noise secara signifikan dan menghasilkan video beresolusi tinggi di malam hari atau disebut 4K Ultra Night Video.

HARGA DAN SPESIFIKASI

OPPO Find X5 Pro menggunakan chipset Snapdragon 8 Gen 1, yang menjadi salah satu kriteria dasar ponsel high-end tahun ini. Prosesor tersebut memiliki GPU Qualcomm Adreno yang diklaim 25% lebih efisien dan 50 persen lebih cepat untuk rendering grafis.

Ponsel ini juga dilengkapi dengan teknologi Qualcomm AI Engine Generasi ke-7 untuk manfaat kecerdasan buatan (Artificial Intelligence) yang lebih cakap hingga 4x lebih cepat dibanding chipset Snapdragon 889. Performanya pun meningkat hingga 30%.

Find X5 Pro memiliki layar berukuran 6,7 inci AMOLED dengan refresh rate 120 Hz. Ponsel menggunakan kaca di bagian depan dan dilindungi dengan Gorilla Glass Victus.

OPPO menyematkan baterai berukuran 5.000 mAH untuk Find X5 Pro, sebuah peningkatan dari kapasitas 4.500 mAh pada Find X3 Pro. Baterai jumbo tersebut sudah mendukung fast charging 80W, diklaim dapat mengisi 50 persen dalam waktu 12 menit, serta fast wireless charging 50W untuk mengisi penuh dalam 47 menit, dan reverse wireless charging 10W.

Find X5 Pro telah dilengkapi dengan pemindaian fingerprint. Selain itu juga terdapat fitur NFC di dalamnya. Di Indonesia, smartphone ini tersedia dalam dua varian, yakni Glaze Black (hitam) dan Ceramic White (putih).

Terdapat dua pilihan warna yakni Glaze Black dan Ceramic White. Di Indonesia, OPPO Find X5 Pro tersedia dalam varian RAM 12GB dengan penyimpanan 256GB Pro dan dibanderol Rp 14.999.000.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *