Sejarah Logistik dan Perkembangannya, Dimulai dari Organisasi Militer

Teknologi73 Dilihat

Cakra Berita, Jakarta – Logistik adalah pengadaan, pemeliharaan, pendistribusian dan penyediaan peralatan bila mengacu pada Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI).

Tidak hanya itu, logistik dalam KBBI juga berarti aspek pengetahuan militer mengenai pengadaan, pemeliharaan, pengangkutan peralatan, perbekalan dan pasukan.

Namun dalam buku Fundamentals of Logistics Management karya Dr. Ir Suntoro, MT disebutkan bahwa logistik berasal dari bahasa Yunani yaitu logos yang berarti “rasio, perhitungan, akal, pembicaraan, orasi”.

Senada dengan yang dijelaskan KBBI, konsep logistik dianggap sebagai hasil evolusi kebutuhan TNI untuk memenuhi perbekalan saat berangkat ke medan perang dari markas.

Tahap Pengembangan Logistik

Untuk itu, jika melihat sejarahnya, ada beberapa tahapan perkembangan terkait konsep logistik, yaitu sebagai berikut seperti dikutip dari buku tersebut: Dasar-dasar Manajemen Logistik:

Pada 1950-an dan 1960-an hanya organisasi militer yang menggunakan terminologi logistik. Namun, seiring dengan perkembangannya, konsep logistik meluas dan mempengaruhi sektor bisnis.

Selama ini sistem pendistribusian dan pengangkutan dalam pendistribusian barang dilakukan oleh pihak-pihak yang bekerjasama dan diawasi oleh perusahaan. Namun, tidak ada hubungan antara fungsi logistik seperti distribusi dan transportasi.

Saat ini, konsep distribusi fisik dikembangkan dengan kesadaran yang meningkat. Secara khusus, sudah ada pengakuan tentang hubungan antara berbagai fungsi yang memungkinkan pendekatan sistem dan perspektif biaya dalam penggunaannya.

Tahun 1970-an merupakan dekade penting dalam perkembangan konsep logistik. Salah satu perubahan besar adalah pengakuan dari beberapa perusahaan untuk memasukkan distribusi dalam struktur manajemen fungsional suatu organisasi.

Pada tahun 1980-an logistik dan distribusi telah bergerak ke arah perencanaan jangka panjang karena peningkatan biaya yang cepat. Pertumbuhan industri jasa juga semakin berkembang dengan adanya berbagai perusahaan yang mempelopori perkembangan teknologi dan peralatan informasi.

Selama ini, proses logistik semakin berkembang. Tidak hanya mencakup fungsi utama yaitu pergerakan barang, tetapi juga berkontribusi dalam penyediaan produk kepada konsumen akhir.

Sampai saat ini, sebagian besar organisasi bisnis logistik menyoroti pandangan fungsional logistik. Pandangan ini menyebabkan operasi logistik terus berkembang dan ide-ide baru untuk perbaikan logistik termasuk tujuan bisnisnya.

Berikut penjelasan lengkap sejarah logistik sejak tahun 1950-an. Secara umum, logistik adalah suatu sistem pemindahan barang dari satu tempat ke tempat lain secara efektif dan efisien.

Jadi kamu lebih tahu, kan? Selamat belajar!

Sumber

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *